Aceh Barat buka Job Fair 2023 untuk pencari kerja

id Pemkab Aceh Barat,Job Fair 2023,Lapangan Kerja

Aceh Barat buka Job Fair 2023 untuk pencari kerja

Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Barat Mirsal meninjau pelaksanaan bursa kerja melalui ajang Meulaboh Job Fair 2023, dipusatkan, di Kompleks Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker), di Meulaboh, Rabu (2/8/2023). ANTARA/HO-Dok Pemkab Aceh Barat

Meulaboh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) menggelar bursa kerja melalui ajang Meulaboh Job Fair 2023, dengan menggandeng 12 perusahaan swasta guna memfasilitasi para pencari kerja dikhususkan untuk masyarakat Aceh Barat.

“Job fair ini berlangsung sejak tanggal 2 sampai 3 Agustus 2023 di Aula Kantor Distransnaker Kabupaten Aceh Barat,” kata Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Barat, Mirsal, di Meulaboh, Rabu.

Mirsal mengatakan kegiatan Meulaboh Job Fair tersebut sebagai upaya untuk menyerap tenaga kerja dari Kabupaten Aceh Barat, sekaligus menjadi jembatan penghubung antara perusahaan dengan para pencari kerja dalam proses perekrutan tenaga kerja.

"Ini adalah suatu terobosan yang baik karena job fair seperti ini merupakan yang perdana kita laksanakan di Kabupaten Aceh Barat, bahkan di barat selatan Aceh, baru Aceh Barat yang telah melaksanakan job fair,” katanya menambahkan.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan job fair tersebut merupakan salah satu langkah konkret dalam mengimplementasikan wujud komitmen Pemkab Aceh Barat dalam menurunkan tingkat pengangguran dan penanggulangan kemiskinan ekstrem.

Ia mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menjembatani dan menjawab kesenjangan informasi dari perusahaan sebagai pengguna tenaga kerja dengan para pencari kerja di Kabupaten Aceh Barat.

"Insya Allah, ke depan kegiatan seperti ini akan kami jadikan agenda rutin tahunan daerah, dengan menghadirkan lebih banyak lagi perusahaan, BUMN, maupun badan usaha lainnya yang ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan job fair,” katanya lagi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh diwakili Sekretaris Dinas Irfansyah Siregar di Meulaboh, mengatakan pihaknya mengapresiasi Pemkab Aceh Barat melalui Distransnaker yang telah melaksanakan Meulaboh Job Fair, guna mendukung program Pemerintah Aceh dalam mengurangi angka pengangguran di Aceh khususnya di Kabupaten Aceh Barat.

Baca juga: Mataram usulkan anggaran kegiatan bursa kerja Rp200 juta
Baca juga: Job Fair di Bazar Mandalika mulai dibuka


Irfansyah mengharapkan kepada para pencari kerja agar bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal melalui berbagai persiapan matang, penuh komitmen, mengasah skill serta tetap menjaga etika, sehingga bisa memenuhi kualifikasi yang ditetapkan oleh perusahaan.