Job Fair di Bazar Mandalika mulai dibuka

id Job fair,Lombok Tengah,kemenaker,bursa kerja,kek mandalika

Job Fair di Bazar Mandalika mulai dibuka

Wakil Bupati Lombok Tengah, NTB, HM Nursiah bersama pejabat Kemenaker saat membuka Job Fair 2023 (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Program Job Fair atau bursa kerja yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia di Bazar Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mulai dibuka.

"Banyak lowongan pekerjaan yang disiapkan di Job Fair yang dimulai tanggal 9-10 Februari," kata Direktur Jenderal Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kemenaker RI, Suhartono, di Lombok, Kamis.

Program baru dalam gagasan perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan merupakan terobosan dari Kemenaker. Pihaknya berharap dengan adanya KEK, maka dapat memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat yang ada di dalam kawasan Mandalika.

"Kami siap berkolaborasi. Dengan cara pembinaan hubungan kemitraan kerja dan dinas terkait yang ada di pemerintahan kabupaten/kota di NTB," katanya.

Masyarakat di Provinsi NTB, kata dia, mendominasi perluasan peluang kesempatan kerja di luar negeri. Dengan demikian diharapkan pemerintah daerah (pemda) maupun provinsi (pemprov) untuk tidak mempersulit masyarakat untuk mendapatkan berbagai macam pekerjaan di dalam maupun di luar negeri.

"Bahwa perluasan tenaga kerja berbasis kawasan sangat kami harapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Sementara itu Wakil Bupati DR HM Nursiah mengatakan secara khusus tujuan dari kegiatan itu juga untuk mempromosikan usaha kecil masyarakat guna mendapatkan daya saing ditingkat nasional.

Selain itu membangun simbol kolaborasi antara masyarakat dengan pengembangan kawasan sehingga dapat membuka perluasan kesempatan kerja.

"Ini untuk mempersiapkan masyarakat sebagai subyek pembangunan daerah untuk dapat menyerap tenaga kerja lokal yang berbasis kawasan," katanya.

Ia mengatakan SDM masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah siap bersaing dalam memajukan Kawasan Mandalika. "Alhamdulillah di kawasan selatan wilayah Lombok Tengah sudah dimulai pasar yang berkelas internasional dengan dibukanya Sirkuit MotoGP Mandalika," katanya.

Ia berharap Kemenaker menyiapkan berbagai jenis pelatihan bagi masyarakat lokal untuk menunjang keperluan tenaga kerja di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, khususnya Mandalika.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenaker: Job Fair di Bazar Mandalika mulai dibuka hari ini