Koordinasi jadi kunci saat terima kapal pesiar di Belawan

id pelindo regional 1 belawan ,kapal pesiar di belawan,pt pelindo,pelabuhan belawan

Koordinasi jadi kunci saat terima kapal pesiar di Belawan

General Manager PT Pelindo Regional I Belawan Jonedi Ramli. (ANTARA/Michael Siahaan)

Medan (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional I Belawan menyatakan bahwa koordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU) Belawan dan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, menjadi kunci saat menerima kedatangan kapal pesiar di Pelabuhan Belawan, Medan.
 

"Kami harus berkoordinasi agar dapat memberikan pelayanan maksimal," ujar General Manager Pelindo Regional I Belawan Jonedi Ramli kepada ANTARA di Medan, Senin.

Jonedi melanjutkan, pihaknya tidak bisa menerima begitu saja kapal pesiar yang datang dari luar negeri karena memiliki spesifikasi berbeda dibandingkan kapal penumpang Pelni yang biasa berlabuh di Belawan terutama KM Kelud.

Kapal pesiar, dia menambahkan, pada umumnya memiliki ukuran yang lebih panjang dan bobot yang lebih besar dibandingkan kapal Pelni.. Itu membuat Pelindo mesti mendiskusikan dengan pemangku kepentingan lain soal solusi terbaik saat kapal pesiar memutuskan berhenti di Pelabuhan Belawan.

"Misalnya, kami harus mengatur agar tempat kapalnya berlabuh memiliki kedalaman air yang cukup dan lebih luas," tutur Jonedi.

Pelindo Regional I Belawan, dia menegaskan, sejatinya tidak memiliki tugas untuk menerima kedatangan kapal pesiar. Hal itu tidak seperti di wilayah kerja PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional III yang memiliki pelabuhan untuk kapal pesiar yakni Pelabuhan Benoa di Bali.

Baca juga: Madiun panen raya tanaman porang di Desa Sumberbendo
Baca juga: Pelindo melaksanakan Program PMT dukung penurunan stunting

"Di Belawan belum ada fasilitas yang khusus untuk kapal pesiar," kata Jonedi.

Pada tahun 2023, setidak-tidaknya ada dua kali kedatangan kapal pesiar di Pelabuhan Belawan yakni MS Amera pada Januari dan MS Amadea pada April. Kedua kapal tersebut berbendera Bahamas.