PLN NTB komitmen tingkatkan kualitas pengelolaan lingkungan

id pln ntb, pengelolaan lingkungan, pelestarian lingkungan penerapan ISO

PLN NTB komitmen tingkatkan kualitas pengelolaan lingkungan

Seorang petugas PLN Unit Induk Wilayah NTB melakukan pengecekan kualitas udara di Mataram, NTB, Jumat (3/5/2024). (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) melalui Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Lombok, berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan.

Manager PT PLN (Persero) UPK Lombok, Anton Wibosono melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Sabtu, menyampaikan upaya PLN dalam menjaga komitmen tersebut dengan melakukan pengujian lingkungan secara berkala.

"Dalam upaya menjaga efektivitas dan efisiensi kegiatan pengelolaan lingkungan, PLN UPK Lombok melakukan pengujian dengan menggandeng pihak laboratorium yang berakreditasi yaitu PT Environesia Global Saraya," kata Anton.

Dia menambahkan pengujian lingkungan ini bagian dari komitmen PLN dalam mengimplementasikan SML ISO 14001:2015 dan Proper.

"Jadi, tindakan ini menunjukkan keseriusan PLN UPK Lombok dalam mematuhi standar lingkungan yang ditetapkan, serta komitmen yang kuat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup," ujarnya.

General Manager PT PLN (Persero) UIW NTB, Sudjarwo turut menyampaikan bahwa komitmen ini adalah langkah penting dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup di wilayah NTB.

"Dengan mengimplementasikan SML ISO 14001:2015 dan Proper, maka akan semakin memperkuat dan mengukuhkan peran PLN dalam pembangunan yang berkelanjutan dengan tetap berwawasan lingkungan," kata Sudjarwo.

Selain itu, dalam rangka menjaga, mencegah, dan mengendalikan pencemaran lingkungan serta menjaga kelestarian lingkungan hidup, UPK Lombok dan unit layanan juga melakukan pengelolaan kualitas air limbah, kualitas udara, serta pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun.

"Jadi, PLN NTB berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup demi keberlangsungan lingkungan yang bersih dan sehat," ucap dia.

Dengan menyampaikan hal demikian, PLN berharap upaya-upaya tersebut dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, dan kelestarian lingkungan hidup dapat terjaga dengan baik.