Pemkab Lombok Tengah tingkatkan kualitas pengelolaan aduan warga

id Lombok Tengah ,NTB,Aduan warga ,Diskominfo Lombok Tengah

Pemkab Lombok Tengah tingkatkan kualitas pengelolaan aduan warga

Kepala Dinas Kominfo Lombok Tengah, Provinsi NTB Drs Muhammad (Tengah) saat membuka acara bimbingan teknis penguatan pelayanan pengelolaan aduan warga di Lombok Tengah, Senin (22/07/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Tengah)

Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N - LAPOR ) untuk meningkatkan kualitas pengelolaan aduan dan aspirasi masyarakat. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lombok Tengah Muhamad di Lombok Tengah, Senin, mengatakan pentingnya respons cepat terhadap aduan yang masuk mengingat saat ini sumber aduan sangat beragam, termasuk dari media sosial dan aplikasi pesan seperti WhatsApp (WA).

"Saat ini aduan bersumber dari banyak hal seperti media sosial, jadi harus sangat cepat tanggap setiap aduan yang masuk," katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah dan UI edukasi warga cegah gigi berlubang

Dengan adanya bimbingan teknis ini, kata dia, diharapkan pengelolaan aduan masyarakat di Lombok Tengah dapat lebih efektif dan efisien. "Serta mampu memberikan solusi yang cepat dan tepat bagi setiap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat," katanya.

Sementara itu narasumber bimtek Nining Sulistiningsih menjelaskan aplikasi LAPOR (lapor.go.id) merupakan platform yang sangat baik dan kompleks dalam pelayanan pengaduan masyarakat berbasis online.

"Aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan mereka secara langsung dan mendapatkan tanggapan yang cepat dan tepat dari pemerintah daerah," katanya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para peserta mengenai pentingnya pengelolaan aduan masyarakat.

"Dan penggunaan aplikasi LAPOR sebagai salah satu sarana yang efektif dalam menjembatani komunikasi antara masyarakat dan pemerintah daerah," katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah membantu alat tangkap ikan pada nelayan
Baca juga: Pemkab Lombok Tengah perkuat kapasitas wartawan dengan gelar uji kompetensi