Lombok Timur ternyata punya "grand canyon"

id Pantai Rungkun,Pulau Kura-Kura,Lombok Timur

Grand Canyon ala Pantai Sungkun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Mataram (ANTARA) - Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, ternyata memiliki "grand canyon" juga seperti di Amerika Serikat. Yakni tebing terjal yang diukir oleh hempasan gelombang laut dari Samudera Hindia.

Lokasinya, Pantai Sungkun atau lebih dikenal dengan sebutan Pantai Kura-Kura di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Tebing berwarna kecoklatan itu berdiri kokoh seperti jari-jari raksasa di Pulau Lombok.

Sepanjang Lombok Timur, tebing itu menjorok ke laut dengan diselingi pantai berpasir putih seperti merica. Bagi yang hobi berswafoto memang lokasi itu, cocok sekali.

Di Pantai Sungkun itu juga terdapat pulau kecil yang bentuknya mirip kura-kura tepat di seberang tebing perbukitan. Memang benar-benar indah dan layak dijadikan sebagai tempat berakhir pekan bersama keluarga.
Bentangan pasir putih Pantai Sungkun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.


Untuk bisa melihat bentangan pasir putih, pengunjung bisa naik ke atas bukit melalui jalan setapak sekitar 10 menit. Dari atas pasir putih Pantai Sungkun terpampang dengan jelas dan di seberangnya Pulau Kura-Kura dengan perairan yang bening. Memang luar biasa.

Jarak objek wisata tersebut, memakan waktu sekitar 2 jam dari Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pengunjung akan merasakan sensasi pantai pribadi, karena bisa dikatakan lokasi tersebut jarang dikunjungi wisatawan.

Faktor infrastruktur jalan yang menjadi penghambat ke lokasi itu, mengingat pengunjung harus melewati jalan tanah berbatu melintasi perbukitan dan areal perkebunan jagung milik warga.

Sehingga disarankan untuk yang ingin berkunjung ke objek wisata itu, datanglah pada pagi hari dan pulang pada siang hari mengingat kondisi jalannya yang kurang memungkinkan tersebut.

Fasilitas penunjang objek wisata bahari sendiri, sama sekali belum ada dari warung penjual makanan dan minuman sampai penginapan. Sehingga mereka yang akan datang harus mempersiapkan dari makanan sampai minuman sendiri jika tidak ingin kehausan.

Selamat mengunjungi grand canyon ala Lombok Timur.
Pulau Kura-Kura di Pantai Sungkun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.


 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar