KANTOR POS MATARAM PERBANYAK LAYANAN PEMBAYARAN PAJAK ONLINE

id

        Mataram, (ANTARA) - PT Pos Indonesia (Posindo) Cabang Mataram memperbanyak layanan pembayaran pajak secara 'online' di seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), guna membantu pemerintah meningkatkan jumlah masyarakat sadar pajak.
        Hal itu diungkapkan Senior Manajer PT. Pos Indonesia, Kantor Wilayah Usaha Pos VIII, yang meliputi Provinsi Bali, NTB dan Nusa Tenggara Timur (NTT), usai memberikan hadiah utama program point reward layanan serba online kepada warga Lombok Tengah di Mataram, Kamis.
         "Masyarakat sekarang tidak perlu repot-repot lagi datang ke kantor pajak di Mataram, untuk membayar pajak cukup dengan datang ke Kantor Pos yang ada di kecamatan, karena kita sudah menggunakan teknologi canggih," katanya
         Ia mengatakan, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mengenai jaringan online guna memudahkan warga atau instansi yang ingin membayar pajak melalui Kantor Pos di wilayah pedesaan yang sudah terhubung dengan fasilitas internet.
         Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah cukup canggih saat ini, masyarakat tidak perlu lagi datang ke wilayah perkotaan dengan mengeluarkan biaya tranportasi yang besar hanya untuk mengurus proses pembayaran pajak seperti yang sering dilakukan beberapa tahun lalu.
        "Jadi cukup hanya dengan mendatangi Kantor Pos terdekat urusan pembayaran pajak bisa diselesaikan. Tidak seperti beberapa tahun lalu, di mana warga atau instansi banyak yang membayar pajak melalui Kantor Pos Cabang Mataram, harus antri berjam-jam," ujarnya.
        Ia mengatakan, PT Pos Indonesia akan terus meningkatkan kualitas layanan dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang dinilai sudah cukup canggih dan mampu memberikan kemudahan bagi manusia dalam berbagai urusan.
        Kecanggihan teknologi informasi akan dimanfaatkan sebagai basis dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Dengan teknologi yang sudah semakin maju, pihaknya telah memberikan berbagai layanan serba 'online' atau layanan berbasis elektronik kepada masyarakat.
        Layanan serba online tersebut disiapkan untuk dapat melayani transaksi pembayaran tagihan, penerimaan setoran, penarikan tunai, transaksi tabungan dan lain-lain yang terhubung secara real time dengan mitra Pos Indonesia.
        Layanan tersebut menggunakan aplikasi SOPP Pos Host to Host (H2H) dengan menggunakan Message ISO 8583.
        Beberapa mitra PT Pos Indonesia yang memanfaatkan layanan serba online tersebut seperti Adira Finance, FIF, Bussan Auto Finance, Summit Oto Finance, Columbia, Suzuki, Bhakti Finance, Tunas Financindo Sarana dan WOM, yang merupakan perusahaan pembiayaan kredit kendaraan sepeda motor.
        Selain itu kalangan perbankan seperti Bank BTN, Bank Muamalat, perusahaan asuransi seperti AIG Lippo, Takaful dan Sinar Mas, penerimaan negara yakni Ditjen Pajak Depkeu, pembayaran rekening telepon seperti PT. Telkom, Telkomsel, Indosat, Esia, Fren, XL dan beberapa perusahaan mitra lainnya.
        "Intinya layanan serba online memberikan kemudahan bagi masyarakat yang disibukkan dengan berbagai rutinitas, sehingga dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi penyetoran dan pembayaran dalam satu loket," ujarnya.
        Kepala PT Pos Indonesia Kantor Cabang Mataram, Dewa Mertayasa pada kesempatan itu menyerahkan secara langsung klaim asuransi takafful yang merupakan klaim pertama di NTB kepada ahli waris sebesar Rp25 juta.(*)