Ke luar masuk Desa Manemeng, warga harus cek suhu badan cegah penyebaran Covid-19

id Corona,Taliwang,KSB

Ke luar masuk Desa Manemeng, warga harus cek suhu badan cegah penyebaran Covid-19

Desa Manemeng Kecamatan Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat rutin melakukan pengecekan suhu badan terhadap warga yang keluar masuk desa setempat untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran Covid-19. 

Taliwang (ANTARA) - Desa Manemeng Kecamatan Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat rutin melakukan pengecekan suhu badan terhadap warga yang keluar masuk desa setempat untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran Covid-19. 

Staf desa dibantu sejumlah petugas kesehatan mengecek suhu badan seluruh warga yang melintasi desa Manemeng menggunakan alat tes suhu badan. 

“Alhamdulillah, setelah kami lakukan pengecekan rutin di posko ini kepada seluruh warga yang keluar masuk, hasilnya semua normal,” kata Kepala Desa Manemeng, Ibrahim, saat ditemui di Posko penanganan Covid-19 di Desa Manemeng, Rabu.

Kegiatan pengecekan dan penjagaan di posko ini, tambah Kades, dilakukan rutin 24 jam setiap hari. Jika terdapat atau ditemukan warga yang suhu badannya di atas normal atau 37 derajat celcius maka petugas akan melakukan pengecekan kesehatan kepada yang bersangkutan.

Kades mengimbau, kepada pengguna jalan yang masuk ke dalam wilayah Manemeng agar mematuhi imbauannya dari pemerintah, dan wajib memakai masker, terutama bagi para pedagang dari luar Desa Manemeng.

“Ini dalam rangka ikhtiar kita bersama agar Desa Manemeng dan Sumbawa Barat umumnya dapat memutus rantai Covid-19 dan mencegah penyebarannya,” ungkap Kades.

Dalam mencegah Covid-19, Desa Manemeng mempunyai Satgas Desa yang didalamnya tergabung dari beberapa unsure seperti Badan Permusyawaratan Desa, Babinsa, bhabinkamtibmas, tenaga kesehatan, pemuda dan masyarakat atau relawan.

“Sinergitas Satgas ini terus kami pupuk sehingga semua kegiatan terkaait pencegahan penyebaran covid-19 di Desa Manemeng berjalan baik,” katanya.