Museum NTB menggelar pameran keliling

id NTB,Museum Negeri NTB,Pameran Keliling Museum NTB

Museum NTB menggelar pameran keliling

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj Sitti Rohmi Djalilah saat melihat benda yang dipamerkan dalam pameran keliling Museum Negeri NTB mengusung tema, "Sejarah dan Kepurbakalaan NTB". (ANTARA/Diskominfotik NTB).

Mataram (ANTARA) - Museum Negeri Nusa Tenggara Barat menggelar pameran keliling untuk mendekatkan dan mengenalkan museum kepada masyarakat di wilayah itu.

Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah, meminta Museum Negeri NTB terus berbenah dan berinovasi lebih banyak agar ke depannya semakin menarik dan banyak dikunjungi oleh masyarakat.

"Hadirkan sesuatu yang memiliki inovasi dan daya tarik bagi pengunjung," kata Wagub saat membuka kegiatan pameran keliling Museum Negeri NTB dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Mataram, Rabu.

Pameran keliling Museum Negeri NTB ini mengusung tema, "Sejarah dan Kepurbakalaan NTB".

Ummi Rohmi sapa akrab Wagub NTB menyatakan selain sebagai tempat edukasi sejarah masa lampau, museum diharapkan menjadi tempat yang nyaman dan indah, sehingga masyarakat, pelajar hingga mahasiswa tertarik untuk mendatangi museum.

"Museum harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Tidak hanya itu, menurut Wagub NTB, museum juga harus mengikuti perkembangan teknologi dan informatika misalnya memanfaatkan media sosial untuk mempublikasi hal menarik di museum.

"Sehingga tolak ukur keberhasilan pameran ini adalah respon dan antusias masyarakat," ucapnya.

Sementara itu Bupati Lombok Timur, H M Sukiman Azmy, menyambut baik pameran tersebut, karena di daerahnya sendiri memiliki banyak benda purbakala. Namun tidak terarsip dengan baik dan rapi.

"Ke depan kami ingin membangun museum untuk Lombok Timur, sinergi dan kebersamaan dengan Pemrov NTB agar dapat membantu merealisasikannya," ujarnya.

Kepala Museum Negeri NTB Bunyamin, mengatakan pameran keliling Museum Negeri NTB merupakan program museum.

"Tujuan pameran ini untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, sehingga mengenal Museum NTB," katanya.