NIRWAN BAKRIE DUKUNG PENGURUS BARU PSSI

id



Jakarta (ANTARA) - Mantan Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Nirwan Dermawan Bakrie, menegaskan bahwa akan mendukung pengurus baru PSSI yang terpilih dari Kongres 20 Mei 2011.

"Saya akan tetap membantu PSSI siapa pun ketua umumnya dan anggota-anggota Komite Eksekutif (Exco)," katanya usai bertemu Ketua Komite Normalisasi PSSI, Agum Gumelar, di Kantor PSSI (25/4).

Terkait penolakan FIFA atas pencalonan dirinya selaku calon Ketua Umum PSSI, Wakil Ketua Umum, dan Anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2011-2015, Nirwan Bakrie memilih bersikap legowo (lapang dada).

"Ini atas inisiatif saya sendiri menghadap Pak Agum Gumelar. Saya berterima kasih kepada Pak Agum yang memperjuangkan saya. Saya legowo dan tidak sakit hati telah ditolak FIFA," katanya.

Ia menilai, yakin akan ada sosok yang tepat untuk memimpin PSSI. "Masih banyak orang yang muda-muda bisa memimpin PSSI. Kalau bisa support agar bisa memimpin PSSI," katanya.

Menurut Nirwan, dirinya akan tetap di sepak bola. "Sepak bola sudah bagian dari hidup saya. Saya akan tetap membantu PSSI dan timnas," katanya.

Soal kemungkinan Indonesia terkena hukuman dari FIFA karena situasi persepakbolaan nasional yang masih belum kondusif, Nirwan Bakrie mengungkapkan bahwa hal itu tentunya sangat disesalkan. Dia juga yakin bahwa semua pihak tidak menginginkan hal itu terjadi.

"Kalau kita dikenai suspend oleh FIFA, berarti kita hanya bermain di dalam negeri saja. Saya kira kita tidak menginginkan hal itu terjadi," katanya.

Sementara itu, Agum Gumelar menegaskan, Komite Normalisasi (KN) akan terus berjuang keras agar semua pihak mematuhi instruksi FIFA dan sama-sama menyukseskan Kongres PSSI yang sudah ditentukan akan diselenggarakan pada 20 Mei 2010.

"Apa pun yang terjadi, KN akan tetap menyelenggarakan Kongres pada tanggal 20 Mei itu," kata mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat itu.

Komite Normalisasi bekerja sesuai surat FIFA pada 4 April 2011 yang ditandatangani Sekjen FIFA, Jerome Valcke, yang juga menerangkan tentang tidak berfungsinya lagi Exco PSSI 2007-2011. KN ditugasimelaksanakan Kongres Pemilihan Exco 2011-2015 selambat-lambatnya pada 21 Mei 2011.

Komite Normalisasi langsung bekerja untuk melakukan verifikasi terhadap calon yang masuk untuk ketua umum, wakil ketua umum, dan Exco PSSI untuk periode 2011-2015. (*)