Polda NTB siapkan 80 pos pengamanan even balap di Sirkuit Mandalika

id pengamanan even balap,sirkuit mandalika,wsbk,iatc,polda ntb,pos pengamanan,penyekatan

Polda NTB siapkan 80 pos pengamanan even balap di Sirkuit Mandalika

Lokasi yang memperlihatkan tikungan 1 Sirkuit Mandalika, NTB, Kamis (4/11/2021). (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat menyiapkan sekitar 80 pos pengamanan dari pelaksanaan even balap motor di Sirkuit Mandalika.

Kepala Biro Operasional (Karoops) Polda NTB Komisaris Besar Polisi Imam Thobroni di Mataram, Kamis, mengatakan, jumlah yang kian bertambah dari sebelumnya 30 pos ini untuk memperluas jangkauan pengamanan.

"Jadi ada banyak (pos pengamanan) yang kita siapkan. Jumlahnya sampai 80 pos," kata Imam.

Dia menjelaskan, pos pengamanan yang disiapkan, akan difungsikan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari fungsi penyekatan, penjagaan, pengawasan, hingga pelayanan informasi bagi para pengunjung.

Dari puluhan pos pengamanan, pihaknya akan lebih mengutamakan kebutuhan penyekatan. Imam mengatakan, ada 13 titik lokasi yang menjadi rencana untuk penempatan pos tersebut, termasuk di pintu masuk sirkuit.

Atensinya, terkait kendaraan yang hilir mudik di sekitar kawasan sirkuit. Karena itu, segala aktivitas dan kepentingan para pengendara harus diketahui oleh personel yang bertugas dalam penyekatan.

"Penyebarannya nanti ada di areal ring dua dan ring tiga pengamanan," ujarnya.

Dalam manajemen rekayasa lalu lintas di Sirkuit Mandalika, simpul parkir dibagi menjadi dua. Yakni Parkir Sentral Barat Nurul Bilad untuk kedatangan dari Jalan Raya Sengkol dan Jalan Raya Kuta dan Parkir Sentral Timur Sunggung untuk kedatangan dari Jalan Bypass BIL-Mandalika.

Parkir Barat Nurul Bilad menyediakan lahan parkir satu dan parkir dua. Terhubung transportasinya dengan gerbang masuk sirkuit yang berada di zona tengah melalui layanan shuttle bus. Parkir Barat ini dihubungkan shuttle bus rute line hijau dan biru. Sementara Parkir Timur menggunakan rute line oranye dan ungu. 

Fokus lainnya pada penanganan kontingensi atau keadaan berisiko tinggi. Elemen yang dikerahkan yakni TNI, Polri, BPBD, Basarnas, Dishub, serta tenaga kesehatan rumah sakit.

Sebagai sektor pusat pengamanan even balap motor di Sirkuit Mandalika, Polda NTB menggelar Operasi Mandalika Rinjani 2021.

Untuk even perdana di tahun ini, Sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi pelaksanaan Idemitsu Asia Talent Cup 2021 pada 12-14 November. Kemudian berlanjut World Superbike 2021 pada 19-21 November.