Gubernur NTB mengapresiasi Pemkot Mataram berhasil hadapi pandemi COVID-19

id hut kota,mataram,gubernur

Gubernur NTB mengapresiasi Pemkot Mataram berhasil hadapi pandemi COVID-19

Wali kota Mataram H Mohan Roliskana (dua dari kiri) menerima penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) atau bebas buang air besar sembarangan dari Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr H Zulkieflimansyah yang diserahkan oleh Wakil Gubernur NTB Dr Ir Hj Sitti Rohmi Djalilah (kanan) seusai kegiatan upacara HUT Ke-29 Kota Mataram di Mataram, Rabu (31/8/2022). (ANTARA/Kominfo)

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB)   Zulkieflimansyah mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kota Mataram menghadapi pandemi COVID-19 termasuk pemulihan sosial ekonomi masyarakat.

"Kota Mataram tetap berpedoman dengan mengedepankan pemulihan kesehatan dan ekonomi berlangsung berjalan beriringan," katanya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana saat upacara HUT Ke-29 Kota Mataram di Mataram, Rabu.

Di sisi lain, Gubernur juga menyoroti keberhasilan Pemerintah Kota Mataram yang mampu menjaga laju inflasi dengan baik di tengah ancaman krisis global, dengan dampak angka kemiskinan di Kota Mataram dapat terjaga.

Bahkan persentase kemiskinan Kota Mataram yang ada di bawah dua gigit, berada di bawah persentase kemiskinan provinsi dan nasional. Semoga angka kemiskinan itu bisa terus diturunkan.

"Dirgahayu Kota Mataram yang ke-29, semoga Kota Mataram menjadi kota yang 'Harum' yaitu Kota yang Harmonis, Aman, Ramah, Unggul, dan Mandiri," kata Gubernur NTB dalam sambutan tertulisnya.

Sementara Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana sebelumnya mengatakan, di tengah hantaman pandemi COVID-19, Pemerintah Kota Mataram membesarkan hati terhadap kondisi perekonomian Kota yang pada tahun 2020 sempat kontraksi ke minus 5,5 persen. Namun, pada tahun 2021 menjadi tumbuh 3,51 persen atau naik sebesar 8,87 persen.

"Kondisi ekonomi yang tumbuh ini didukung oleh laju inflasi yang terjaga sehingga persentase angka kemiskinan
tetap terjaga di bawah dua digit," katanya.

Karenanya, melalui tema HUT ke-29 Kota Mataram yakni Pulih dan Bangkit Bersama Harum, pemerintah kota berharap agar masyarakat Kota Mataram bersama menguatkan tekad dan komitmen untuk tidak terjebak dalam kesulitan, menegakkan kepala dan menatap jauh ke depan karena masih banyak hal yang ingin dilakukan bersama untuk kebaikan Kota Mataram.

"Marilah kita bergandengan tangan, bahu membahu, dan saling mendukung setiap peran yang kita jalankan untuk terlibat aktif dalam gerak roda pembangunan," katanya.*