Polres Lombok Barat memanfaatkan Hari Santri gelar edukasi di ponpes

id Polres Lombok Barat,Hari Santri,Police Goes to Ponpes

Polres Lombok Barat memanfaatkan Hari Santri gelar edukasi di ponpes

Wakil Kepala Polres Lombok Barat Kompol Taufik (tengah) bersama Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Barat Iptu Agus Rachman memberikan edukasi di Pondok Pesantren Aunul Ibad NW Beroro, Lombok Barat, NTB, Sabtu (22-10-2022). ANTARA/HO-Polres Lobar

Lombok Barat (ANTARA) - Kepolisian Resor Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, memanfaatkan momen Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2022 untuk mengedukasi para santri Pondok Pesantren (Ponpes) Aunul Ibad NW Beroro.

"Kunjungan ke Ponpes Aunul Ibad NW Beroro kali ini dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam," kata Wakil Kepala Polres Lombok Barat Kompol Taufik dalam keterangannya di Kabupaten Lombok Barat, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa kunjungan ke Ponpes Aunul Ibad NW Beroro merupakan bagian dari program Police Goes to Ponpes Polres Lombok Barat.

Program Police Goes to Ponpes, kata Wakapolres, adalah bentuk sinergitas terkait dengan kemitraan, kerja sama dengan ponpes dan Kementerian Agama (Kemenag), baik kemitraan untuk memberikan edukasi, bimbingan, dan penyuluhan meliputi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas.

Selain itu, kemitraan mengedukasi tentang bahaya narkotika, edukasi wawasan kebangsaan, dan bimbingan jika ada santri yang ingin menjadi anggota Polri.

Taufik memuji kemampuan para santri Aunul Ibad NW Beroro yang sudah mampu menggunakan bahasa Arab. Ini bisa menjadi salah satu bekal jika ingin menjadi anggota Polri.

“Apabila ada santri dan santriwati yang bercita-cita atau berkeinginan menjadi anggota Polri dapat melalui jalur prioritas, terutama yang hafal Al-Qur'an 30 juz serta mendapat rekomendasi dari Kemenag," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Barat Iptu Agus Rachman menyebutkan salah satu tujuan program Police Goes to Ponpes adalah memberikan pembinaan terhadap calon pengendara, khususnya santriawan, santriwati, serta ustaz dan ustazah.

Dengan memberikan edukasi, dia berharap mereka memahami arti penting tertib berlalu lintas dan perlunya pemeliharaan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas.

"Kami siap bersama-sama menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas guna menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, khususnya di wilayah hukum Polres Lombok Barat," ucapnya.