Waspada gelombang lebih dari 2 meter di wilayah pantai NTB

id Gelombang tinggi di perairan NTB,gelombang di NTB,kondisi gelombang di NTB,NTB

Waspada gelombang lebih dari 2 meter di wilayah pantai NTB

Peta gelombang tinggi di perairan NTB (ANTARA/HO-BMKG)

Mataram (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi di perairan Nusa Tenggara Barat pada libur Lebaran 2023.

"Warga diharapkan tetap waspada terhadap dampak gelombang pada libur Lebaran 2023," kata Prakirawan BMKG Stasiun Zaenudin Abdul Majid Lombok Arif Wibianto dalam keterangan tertulis di Mataram, Rabu.

BMKG juga menyatakan kecepatan angin mencapai 27 knot dengan potensi tinggi gelombang di atas dua meter lebih di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, dan Selat Sape bagian selatan dan Samudera Hindia selatan Nusa Tenggara Barat.

"Warga yang ada di pesisir pantai wilayah NTB agar tetap waspada terhadap dampak gelombang," katanya.

Di wilayah Samudera Hindia selatan NTB, kecepatan angin mencapai 27 knot lebih dengan tinggi gelombang mencapai empat meter lebih, sehingga para nelayan atau nakhoda kapal untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi di perairan NTB.

"Para nelayan maupun nakhoda kapal untuk tetap waspada terhadap dampak gelombang tinggi yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari," katanya.

Sebelumnya, dua remaja tewas tenggelam saat mandi di Pantai Sentangi, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, pada libur Lebaran 2023, Selasa (25/4).

"Dua korban ditemukan meninggal dunia dan satu korban selamat," kata Juru Bicara Basarnas Mataram Agus Hendra Sanjaya.