Tim Barito Putera akhiri puasa kemenangan usai libas Persebaya skor 2-0

id Barito Putera,Persebaya Surabaya,Liga 1 Indonesia,Demang Lehman

Tim Barito Putera akhiri puasa kemenangan usai libas Persebaya skor 2-0

Pemain PS Barito Putera (kuning) dan pemain Persebaya Surabaya (abu-abu) melompat saling berebut bola di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (9/11/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)

Martapura, Kalsel (ANTARA) - Tim PS Barito Putera mengakhiri puasa kemenangan tujuh laga beruntun usai melibas Persebaya Surabaya dengan skor 2-0 pada lanjutan pekan ke-19 Liga 1 Indonesia, di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis.

Gol pembuka Barito Putera dicetak Mike OTT pada menit ke-33, Renan Alves menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit ke-80.

“Kami sangat bersyukur dengan kemenangan ini, para pemain sabar menunggu momen untuk mencetak dua buah gol kemenangan,” kata Pelatih PS Barito Putera Rahmad Darmawan di Martapura, Kalsel, Kamis.

Coach RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan, menyebutkan kedua tim mengalami kendala permainan akibat hujan yang mengguyur jalannya pertandingan.

“Secara keseluruhan, kekurangan skuad asuhan saya bisa ditutupi dengan motivasi dan semangat bermain yang cukup bagus,” ujar RD.

RD mengakui timnya cukup kesulitan mengembangkan permainan akibat curah hujan yang cukup deras, termasuk tim tamu turut kerap kehilangan peluang. Padahal secara kualitas, Persebaya merupakan salah satu tim kuat di Liga 1 Indonesia.

Tampil di hadapan 3.154 penonton, Barito Putera kesulitan menguasai jalannya pertandingan di tengah derasnya hujan mengguyur Stadion Demang Lehman. Persebaya mengambil kesempatan dan mencoba mengutak-atik pertahanan tuan rumah dengan beberapa peluang.

Memasuki menit ke-15, Barito Putera sedikit memperlambat tempo permainan untuk keluar dari situasi permainan yang sulit berkembang.

Kesabaran tim tuan rumah membuahkan hasil pada menit ke-33 melalui umpan sayap kiri, Mike OTT berhadapan satu lawan satu dengan pemain belakang tim tamu, dengan tenang melepaskan tendangan keras mendatar menggunakan kaki kanan meluncur ke pojok kiri gawang Persebaya, Barito Putera unggul 1-0 hingga turun minum.
Pelatih PS Barito Putera Rahmad Darmawan (tengah) memberikan keterangan usai pertandingan menghadapi Persebaya Surabaya, di Conference Room Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (9/11/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)
Pada babak kedua, tempo permainan mulai seimbang dan mulai meningkatkan kepercayaan diri Barito Putera untuk mengambil alih penguasaan pertandingan. Pada menit ke-80, tuan rumah menggandakan keunggulan melalui umpan mendatar dari sayap kiri, Renan Alves berdiri bebas di depan kotak penalti sukses menjebol gawang Persebaya dengan tendangan keras kaki kanan meluncur ke sisi kiri gawang tim tamu.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 2-0 tidak berubah untuk kemenangan Barito Putera. Hasil pertandingan tersebut, Barito Putera tetap di posisi ketujuh klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan mengemas 28 poin dari 19 pertandingan, dengan hasil tujuh kali menang, tujuh kali imbang, dan lima kali mengalami kekalahan.

Sedangkan Persebaya Surabaya berada diposisi ke-12 klasemen sementara mengoleksi 22 poin dari total pertandingan 18 kali yakni enam kali menang, empat kali imbang, dan delapan kali menelan kekalahan. Sementara itu, pemain Barito Putera Natanael Siringoringo mengatakan sangat senang menjalani debutnya dengan meraih kemenangan.

Baca juga: Persib Bandung lepas Putu Gede Juni ke Bhayangkara FC
Baca juga: Tim Sriwijaya FC pasang target maksimal lawan Sada Sumut


“Kami sedikit kesulitan menjalani pertandingan karena diguyur hujan, hasil ini menjadi motivasi bagi kami,” ujar Natanael.