Agar kondusif, Personel Polres Lombok Tengah dibekali buku saku Pemilu 2024

id Polres Lombok Tengah ,Pemilu 2024,NTB,buku saku pemilu

Agar kondusif, Personel Polres Lombok Tengah dibekali buku saku Pemilu 2024

Kapolres Lombok Tengah, Provinsi NTB, AKBP Iwan Hidayat saat mengecek kesiapan personel dan kendaraan dalam rangka pengamanan menjelang Pemilu 2024 di halaman polres setempat, Rabu (7/02/2024) (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Kami telah membagikan tas dan buku saku sebagai pedoman personelĀ  dalam menjalankan tugasĀ  mendukung Pemilu 2024 yang aman dan lancar

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Ratusan personel Polres Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dibekali buku saku pemilu saat mereka ditugaskan  melaksanakan pengamanan  Pemilihan Umum  14 Februari 2024.

"Kami telah membagikan tas dan buku saku sebagai pedoman personel  dalam menjalankan tugas  mendukung Pemilu 2024 yang aman dan lancar," kata Kapolres Lombok Tengah, AKPB Iwan Hidayat di Praya, Rabu.

Menjelang hari pemungutan suara pada Pemilu 14 Februari 2024, Polres Lombok Tengah melakukan pengecekan personel PAM Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain personel, kendaraan dinas di masing-masing Polsek termasuk Babinkamtibnas juga tidak luput dari pemeriksaan.

"Ini agar pengamanan pesta demokrasi 5 tahunan ini berjalan aman dan kondusif," katanya.

Baca juga: TNI di Lombok Tengah dibekali buku saku netralitas Pemilu 2024

Ia mengatakan semua anggota sudah siap mengamankan Pemilu 2024 mulai dari proses kampanye, pendistribusian logistik, pemungutan suara hingga saat proses rekapitulasi hasil pemungutan serta pelantikan.

“Kita melakukan gelar pasukan dan pengecekan personel, termasuk sarana prasarana untuk memaksimalkan pengamanan," katanya.

Ia mengatakan  jumlah personel yang dilibatkan dalam pengamanan Pemilu 2024 di Lombok Tengah khususnya sebanyak 628 orang, diturunkan di 3.316 TPS yang tersebar di 154 desa Lombok Tengah.

"Untuk pengamanan Pemilu ini juga melibatkan personel TNI, Satpol-PP serta pihak lainnya," katanya.

Ia mengimbau agar masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan maupun kondusivitas di Lombok Tengah khususnya saat Pemilu 2024 berlangsung.

"Kami berharap warga bisa menjaga keamanan dan kenyamanan di Lombok Tengah, sehingga Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar sesuai harapan kita semua," katanya.

KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.