Aktivitas Pelabuhan Lembar Jelang Nyepi Terpantau Sepi

id LEMBAR TUTP NYEPI

Kalau yang menyeberang dari Padang Bai masih terpantau normal. Tapi yang dari sini (Pelabuhan Lembar) sudah sepi
Lombok Barat (Antara NTB) - Aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, yang menghubungkan dengan Pelabuhan Padangbai, Bali, terpantau sepi menjelang perayaan Hari Raya Nyepi, meski penutupan baru dilakukan Senin, pukul 20.00 Wita.

Petugas Supervisi ASDP Pelabuhan Lembar Windra Soelistiawan di Lombok Barat, Senin, mengatakan sepinya aktivitas di pelabuhan karena para penumpang dan pengendara angkutan sudah melakukan penyeberangan sejak Minggu (26/3).

"Kalau yang menyeberang dari Padang Bai masih terpantau normal. Tapi yang dari sini (Pelabuhan Lembar) sudah sepi," kata Windra di Pelabuhan Lembar.

Ia mengatakan sepinya arus penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Lembar tidak terlepas dari surat pemberitahuan yang dikeluarkan ASDP sejak tiga hari yang lalu terkait dengan penutupan pelabuhan menjelang Hari Raya Nyepi.

"Jadi begitu kita beritahukan, para penumpang dan sopir sudah mengerti. Terbukti, Minggu (26/3) jadi puncak arus penumpang dan kendaraan yang menyeberang," ucapnya.

Meski terlihat sepi, kata Windra, ASDP Lembar tetap melayani penumpang dan kendaraan sebelum ditutup, Senin, pukul 20.00 Wita.

"Kalau ada yang masih menyeberang tetap akan kita layani," ujarnya.

Dia mengatakan total 24 kapal yang beroperasi melayani penyeberangan Pelabuhan Lembar ke Pelabuhan Padangbai, Bali.

"Sehari bisa 300 penumpang dan 200 lebih kendaraan, seperti truk, mobil, dan sepeda motor yang menyeberang," katanya.

Penutupan operasional Pelabuhan Lembar, berdasarkan keputusan Kementerian Perhubungan Direktorat Perhubungan Darat Kantor Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Lembar menindaklanjuti surat edaran Gubernur Bali No. 0003.2/19157/DPIK/2016 tertanggal 6 Desember 2016 tentang Pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1939.

Untuk pengoperasian di atur melalui dua tahapan, yakni jadwal pemberangkatan terakhir kapal diberangkatkan dari Pelabuhan Lembar, Senin, pukul 20.00 Wita. Selanjutnya, kapal berangkat terakhir dari Pelabuhan Padangbai, Selasa (28/3), pukul 03.00 Wita.

Jadwal pemberangkatan pertama, yakni kapal pertama di berangkatkan dari Pelabuhan Lembar, Rabu (29/3), pukul 03.00 Wita dan kapal pertama diberangkatkan dari Pelabuhan Padangbai Bali, Rabu (29/3), pukul 08.00 Wita. (*)