Bupati Musyafirin ajak warga Sumbawa Barat jaga iklim investasi

id Iklim investasi ,Sumbawa Barat,bupati sumbawa barat,Bupati Musyafirin ,warga sumbawa barat

Bupati Musyafirin ajak warga Sumbawa Barat jaga iklim investasi

Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, Musyafirin (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sumbawa Barat)

Mari kita jaga iklim investasi ini dengan baik

Mataram (ANTARA) - Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Musyafirin mengajak semua lapisan masyarakat untuk tetap menjaga iklim investasi dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah setempat.

"Mari kita jaga iklim investasi ini dengan baik," kata Musyafirin saat acara Safari Ramadhan di Kecamatan Sekongkang, melalui keterangan tertulis di Mataram, Selasa.

Menurut dia, pemerintah daerah telah berkomunikasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) terkait dengan aktivitas pertambangan di Kabupaten Sumbawa Barat. Jika ada persoalan diharapkan bisa dikomunikasikan untuk mencari solusi terbaik untuk kepentingan masyarakat maupun daerah.

" Jika belum ada solusi, komunikasikan lagi hingga ketemu solusi. Jangan sedikit-sedikit kita mau demonstrasi," katanya.

Baca juga: Gubernur NTB meminta warga Sumbawa Barat selalu jaga iklim investasi

Ia mengatakan kewenangan pertambangan saat ini ditangani daerah, namun dipegang oleh pemerintah pusat. Mulai 2016 telah diambil alih, semua jenis pertambangan, termasuk galian C, kerikil, pasir dan sejenisnya.

"Kita perlu bersyukur atas keberadaan kawasan industri di daerah ini," katanya.

Ia mengatakan keberadaan Smelter di Kabupaten Sumbawa Barat ini menjadi sumber ekonomi, beserta industri turunannya. Inilah yang diharapkan ke depan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat.

"Kondusifitas daerah harus dijaga," katanya.

Baca juga: Realisasi investasi di NTB mencapai Rp13,52 triliun

Ia mengatakan untuk meningkatkan pembangunan di Kabupaten Sumbawa Barat tidak bisa hanya mengandalkan dana APBD, tetapi juga perlu ada industri yang bergerak di daerah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Dengan berfungsinya bandara, daerah kita akan semakin terbuka," katanya.

Keberadaan bandara ini akan mempermudah akses menuju Sumbawa Barat dan akan menghemat waktu, selanjutnya akan terjadi lalulintas barang dan manusia.

"Mari kita jaga dan kita rawat kondusifitas. Mari kita songsong Pilkada 2024 dengan riang gembira," katanya.

Bupati juga mengajak masyarakat untuk bersyukur, karena bisa bertemu dengan Ramadhan tahun ini. Yang terpenting dari pelaksanaan Safari Ramadhan adalah silaturahim.

"Kita telah menyelenggarakan pemilu dan berjalan lancar," katanya.