Lombok Barat operasikan puskesmas senilai Rp2,7 miliar

id Lombok Barat Operasikan Puskesmas

Lombok Barat operasikan puskesmas senilai Rp2,7 miliar

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Lombok Barat H Lalu Saswadi (kanan), memeriksa kondisi kesehatannya di Puskesmas Eyat Mayang. (Foto Antaranews NTB/ist)

Ini adalah upaya pemerintah meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dengan melengkapi sarana dan prasarana kesehatan
Lombok Barat (Antaranews NTB) - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, mulai mengoperasikan Pusat Kesehatan Masyarakat Eyat Mayang, Kecamatan Lembar, yang dibangun pada 2017 dengan dana sebesar Rp2,7 miliar.

Puskesmas Eyat Mayang resmi beroperasi pada, Jumat, ditandai dengan pemotongan pita oleh Penjabat sementara (Pjs) Bupati Lombok Barat H Lalu Saswadi didampingi Sekretaris Daerah Lombok Barat H Mohammad Taufiq, dan Kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat H Rachman Sahnan Putra.

"Ini adalah upaya pemerintah meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dengan melengkapi sarana dan prasarana kesehatan," kata Pjs Bupati Lombok Barat H Lalu Saswadi.

Sebelumnya, Pemkab Lombok Barat juga telah meresmikan operasional Puskesmas Suranadi, Kecamatan Lingsar, yang dibangun dengan dana miliaran rupiah pada 2017, bersamaan dengan Puskesmas Eyat Mayang.

Saswadi berharap agar nantinya Puskesmas Eyat Mayang memiliki ruang rawat inap sehingga memudahkan warga pelosok desa mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.

Dengan demikian, derajat kesehatan masyarakat di daerahnya bisa semakin meningkat.

Pemkab Lombok Barat, lanjut dia, telah mampu menunjukkan kinerja di bidang kesehatan masyarakat. Hal itu terbukti dengan menurunnya angka kematian ibu hamil dari 18 orang menjadi 5 orang dalam lima tahun terakhir.

Demikian juga dengan angka kematian bayi menurun dari 211 kasus menjadi 36 kasus.

"Kita semua patut berbangga bahwa kinerja tenaga kesehatan di Lombok Barat telah mampu meningkatkan indikator kesehatan. Ke depan juga kita berharap angka kematian bisa menjadi nol," kata Saswadi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat Rachman Sahnan Putra, mengatakan Puskemas Eyat Mayang dibangun untuk melayani masyarakat yang tersebar di lima desa di Kecamatan Lembar.

Saat ini, lanjut dia, Lombok Barat memiliki 19 puskesmas, 59 puskesmas pembantu, 119 pos kesehatan desa, dan 889 pos pelayanan terpadu (posyandu).

"Keberadaan semua fasilitas kesehatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Lombok Barat," ujarnya. (*)