SOMALIA PUJI SERANGAN UDARA AS TERHADAP TOKOH AL-QAEDA

id

Mogadishu (ANTARA/AFP) - Pemerintah sementara Somalia hari Rabu memuji serangan udara AS di negara Tanduk Afrika itu pekan ini yang menewaskan seorang pemimpin Al-Qaeda yang diburu.

"Kami menyambut baik serangan pasukan Amerika di Somalia selatan," kata Abdi Mohamed Ulusow, seorang pejabat senior kementerian luar negeri.

"Somalia telah lama tidak stabil dan dilanda kekacauan. Negara itu tidak boleh menjadi tempat bagi pengacau asing dengan catatan kriminal di negara mereka," katanya.

Para pejabat AS mengonfirmasi bahwa Saleh Ali Saleh Nabhan tewas dalam operasi di Somalia selatan.

Nabhan (28), seorang militan kelahiran Kenya, diburu karena pemboman hotel dan serangan rudal serentak namun gagal terhadap sebuah pesawat penumpang Israel yang sedang meninggalkan bandara Mombasa Kenya pada 2002.

Satu sumber senior pemerintah Somalia mengatakan kepada Reuters, buronan itu berada di dalam sebuah mobil bersama sejumlah gerilyawan muslim yang berhaluan keras ketika mereka diserang di dekat desa Roobow di distrik Barawe, 250 kilometer sebelah selatan Mogadishu, ibukota Somalia.

"Nabhan dan empat komandan asing penting dari kelompok-kelompok militan itu tewas dalam serangan tersebut," kata sumber itu.

Nabhan diyakini memiliki truk yang digunakan untuk pemboman 2002 terhadap sebuah hotel milik orang Israel di pantai Kenya yang menewaskan 15 orang. Ia diperkirakan melarikan diri ke Somalia setelah itu.

Pemerintah rapuh Somalia dukungan PBB menghadapi pemberontakan gencar yang dilakukan al-Shabaab dan kelompok-kelompok gerilya lain yang berhaluan keras.

Al-Shabaab mengakui bahwa Nabhan adalah salah satu komadan mereka dan ia tewas dalam serangan udara tesebut. Kelompok itu berjanji akan membalas pembunuhan tersebut.

Gerilyawan al-Shabaab, kelompok yang diilhami al-Qaeda, dan kelompok lebih politis Hezb al-Islam meluncurkan ofensif militer mematikan terhadap pemerintah Somalia dukungan internasional pada Mei lalu.

Pertempuran terpusat di daerah-daerah baratdaya dan ibukota, Mogadishu, dimana bentrokan-bentrokan sering terjadi di kawasan berpenduduk padat yang menewaskan ratusan orang dan menterlantarkan setengah juta dalam kurun waktu empat bulan.

Kekerasan di Somalia telah menewaskan lebih dari 18.000 orang dalam dua tahun terakhir dan membuat satu juta orang mengungsi.

Somalia dilanda pergolakan kekuasaan dan anarkisme sejak panglima-panglima perang menggulingkan diktator militer Mohamed Siad Barre pada 1991. Penculikan, kekerasan mematikan dan perompakan melanda negara tersebut.

Sejak awal 2007, gerilyawan menggunakan taktik bergaya Irak, termasuk serangan-serangan bom dan pembunuhan pejabat, pekerja bantuan, intelektual dan prajurit Ethiopia.

Ribuan orang tewas dan sekitar satu juta orang hidup di tempat-tempat pengungsian di dalam negeri akibat konflik tersebut.

Pemerintah sementara telah menandatangani perjanjian perdamaian dengan sejumlah tokoh oposisi, namun kesepakatan itu ditolak oleh al-Shabaab dan kelompok-kelompok lain oposisi yang berhaluan keras.

Washington menyebut al-Shabaab sebagai sebuah organisasi teroris yang memiliki hubungan dekat dengan jaringan al-Qaeda pimpinan Osama bin Laden.

Gerilyawan muslim garis keras, yang meluncurkan ofensif sejak 7 Mei untuk menggulingkan pemerintah sementara dukungan PBB yang dipimpin oleh tokoh moderat Sharif Ahmed, meningkatkan serangan-serangan mereka.

Tiga pejabat penting tewas dalam beberapa hari, yang mencakup seorang anggota parlemen, seorang komandan kepolisian Mogadishu dan seorang menteri yang terbunuh dalam serangan bom bunuh diri.

Selain pemberontakan berdarah, pemerintah Somalia juga menghadapi rangkaian perompakan di lepas pantai negara itu.

Pemerintah transisi lemah Somalia tidak mampu menghentikan aksi perompak yang membajak kapal-kapal dan menuntut uang tebusan bagi pembebasan kapal-kapal itu dan awak mereka.

Perompak, yang bersenjatakan granat roket dan senapan otomatis, menggunakan kapal-kapal cepat untuk memburu sasaran mereka.

Perairan di lepas pantai Somalia merupakan tempat paling rawan pembajakan di dunia, dan Biro Maritim Internasional melaporkan 24 serangan di kawasan itu antara April dan Juni tahun lalu saja.(*)