C`CORD WAKILI INDONESIA PADA KOMPETISI BAND "INDIE" DI LONDON

id

London, 13/12 (ANTARA) - Kelompok C'Cord asal Bandung akan tampil sebagai wakil dari Indonesia dalam kompetisi band beraliran "indie", Global Battle of Band (GBOB) Challenge di London.

"Tidak dapat dipungkiri C`Cord dengan penampilannya yang unik akan dapat menarik perhatian penonton internasional dan juga dewan juri," ujar Direktur Komunikasi GBOB, Matt Walker kepada koresponden ANTARA London, Sabtu.

Dia juga mengemukakan bahwa C'Cord merupakan wakil pertama dari Indonesia yang menjadi peserta dalam kompetisi itu.

Menurut Matt Walker, C`Cord terlebih dulu mengikuti ajak GBOB Challenge Indonesia dan tampil sebagai band terbaik sehingga berhak mengikuti final GBOB Challenge yang berlangsung di gedung The Scala,King Cross London, selama dua hari mulai 14 Desember.

C`Cord beranggotakan Ari Ariyandi (vocal/guitar), Bambang Rulyanto /Bembeng (bass), Dany W Harida/Unka (gitar), Adi Dwi Putra/Depe (drum), dan Ayi Itah Purnama ( flute/karinding/violin.anglung) akan bertarung dengan kelompok dari mancanegara lainnya.


Final GBOB Challenge 2008 diikuti band dari Australia, Belgia, Kanada, China, Croatia, Denmark, Inggris, Jerman, Hungaria, Iceland, Irlandia, Italia, Jepang, Malaysia, Moldova, Belanda, Norwegia, Pakistan, Polandia, Rumania, Rusia, Skotland, Serbia, Spanyol, Ukraina, AS dan Wales.

Menurut Matt, The GBOB Challenge merupakan ajang kompetisi "live" musik terbesar yang mempromosikan musik sejati dan berbeda jika dibandingkan dengan musik hasil rekaman maupun dari acara televisi.

"Hanya ada dua aturan : 'no cover songs' dan 'no prerecorded music'," ujar Matt lalu mengatakan bahwa setiap band akan membawakan dua lagu dan diberi waktu delapan menit untuk menata alat musik mereka.

Tiket malam final GBOB Challenge World 2008 seharga 10 pound atau 15 Pound untuk dua malam.

Laksmi Rahayu, menejer C`Cord yang dihubungi koresponden ANTARAa mengakui sampai saat ini mereka masih terkaget-kaget menjadi wakil Indonesia. "Biarpun masih kaget, kami bertekat memberikan yang terbaik," katanya.

Menurut Laksmi Rahayu, kelompok musik C`Cord lahir dari para personelnya yang kuliah di angkatan dan jurusan yang sama serta gelisah untuk berkarya.C`Cord berarti temali yang menggambarkan hubungan diantara mereka sangat dekat.

"Awalnya C`Cord tampil melantumkan lagu dari Radiohead, Coldplay, Sting, U2, namun sejak tiga tahun lalu mereka mulai sungguh-sungguh dengan lagu ciptaan sendiri," ujar Laksmi.

C`Cord dalam kompetisi tersebut antara lain akan membawakan lagu ciptaan mereka bersama yang berjudul "Bright Light." "Lagu itu tentang pencerahan yang misinya 'life learning'," ujar Laksmi.(*)