Kemenparekraf menilai potensi wisata medis NTB besar

id NTB,Wisata Medis,Kemenparekraf

Kemenparekraf menilai potensi wisata medis NTB besar

Sekertaris Daerah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi (kiri) mendampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes), drg Oscar Primadi (kanan) saat melakukan kunjungan ke RSUD Provinsi NTB di Mataram, Selasa (22/12/2020). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menilai potensi pengembangan wisata medis di Provinsi Nusa Tenggara Barat sangat besar.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) drg Oscar Primadi mengatakan Kemenparekraf telah mempererat kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam upaya mengembangkan wisata kesehatan, medis, kebugaran, dan herbal di Indonesia. Bahkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) telah ditandatangi pada Jumat (18/12).

"Saya optimistis dengan kerja sama ini akan menular di daerah lain, khususnya NTB, apalagi tahun depan di bulan Oktober akan berlangsung even internasional MotoGP 2021 di Mandalika Lombok," ujarnya di sela kunjungan ke RSUD Provinsi NTB di Mataram, Selasa.

Wisata Medis sendiri telah dideklarasikan NTB sejak tahun 2019. Wisata medis ini dibangun NTB dengan memadukan destinasi wisata yang memikat dengan produk jasa layanan kesehatan yang inovatif dan unggul. Untuk itu, Oscar Primadi meminta NTB untuk memanfaatkan kembali peluang tersebut di tengah pandemi COVID-19 dan even global MotoGP yang sebentar lagi akan digelar tersebut.

Namun Oscar meminta NTB tidak lupa untuk tetap fokus mengendalikan COVID-19 di tahun 2021. Penguatan pengendalian COVID-19, dapat dilakukan dengan beberapa strategi di antaranya, percepatan perbaikan gizi masyarakat termasuk pencegahan stunting, peningkatan kesehatan ibu anak penurunan angka kematian ibu dan anak, Jaminan Kesehatan Nasional, Penguatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Peningkatan Sistem Kesehatan Nasional, serta penguatan jejaring laboratorium.

"Saya berharap betul apa yang sudah di imbau pemerintah dapat dipatuhi masyarakat dan menjadi penangkal COVID-19 yang ampuh," ucapnya.

Sekertaris Daerah Provinsi NTB Lalu Gita Ariadi mengakui potensi besar wisata medis yang dimiliki provinsi itu. NTB adalah destinasi wisata unggulan nasional kelas dunia yang mana potensinya ada di dasar laut hingga ke puncak gunung.

Potensi wisata medis yang dimiliki NTB disebutkan Gita menjadi 'setali tiga uang' dengan keharusan memiliki sarana dan prasarana serta SDM medis yang memadai. Karena dengan memiliki destinasi wisata yang beragam dan beresiko, seperti menyelam, mendaki, berselancar, MotoGP dan di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, tentu dibutuhkan dukungan medis yang mumpuni untuk melindungi wisatawan yang datang.

Karena itu, Sekda NTB juga meminta dukungan Kementrian Kesehatan untuk memperkuat sarana dan prasarana serta SDM medis yang mumpuni untuk meningkatkan kualitas wisata medis yang dimiliki NTB.

"Ini membutuhkan sarana prasaran dan SDM handal karena menyangkut citra daerah kita di mata dunia," katanya.