Mataram berencana menyediakan fasilitas lantatur pemeriksaan COVID-19

id tes covid mataram,pemeriksaan covid,penanggulangan covid

Mataram berencana menyediakan fasilitas lantatur pemeriksaan COVID-19

Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat berencana menyediakan fasilitas lantatur pemeriksaan COVID-19 menggunakan alat pendeteksi GeNose yang dikembangkan oleh peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Keberadaan pelayanan tes COVID-19 dengan sistem drive thru (lantatur) saat ini menjadi sebuah kebutuhan mendesak ketika masyarakat hendak melakukan perjalanan dan ingin melakukan tes secara mandiri untuk mengetahui kondisi kesehatannya," kata Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di Mataram, Senin.

Mohan, yang dilantik menjadi Wali Kota Mataram pada 26 Februari 2021, meminta Dinas Kesehatan menjalin kemitraan untuk menyediakan fasilitas pelayanan pemeriksaan COVID-19 tersebut.

"Jika sudah ada alatnya, kita akan uji coba pada satu titik pada tempat strategis di kota ini," kata Mohan seusai mengikuti rapat koordinasi penanggulangan COVID-19 di Kantor Dinas Kesehatan Kota Mataram.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram Usman Hadi mengatakan, biaya pemeriksaan COVID-19 menggunakan GeNose hanya sekitar Rp15.000 per sekali cek.

Ia mengemukakan, menurut informasi harga satu paket peralatan tes COVID-19 GeNose sekitar Rp80 juta. 

 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar