BMPD-PEMPROV GELAR "NTB BANKING EXPO" 2011

id

        Mataram (ANTARA) - Badan Musyawarah Perbankan Daerah Nusa Tenggara Barat bekerja sama dengan pemerintah provinsi setempat menggelar "NTB Banking Expo" 2011 sebagai ajang pertemuan antara perbankan dengan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.

         Pimpinan Bank Indonesia Mataram, H. M. Junaifin, di Mataram, (21/6) mengatakan kegiatan tersebut baru pertama kali dilakukan oleh kalangan perbankan yang beroperasi di Nusa Tenggara Barat, sehingga perlu mendapatkan apresiasi dari seluruh komponen masyarakat.

         "Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi, juga sangat mendukung ide dari kalangan perbankan. Gubernur juga mengimbau agar kegiatan itu bisa digelar agar masyarakat terutama kalangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa berinteraksi langsung menanyakan berbagai macam hal yang terkait dengan perbankan, terutama cara mengajukan kredit," ujarnya.

         Junaifin didampingi Direkrut PT Bank NTB, H Komari Subakir, yang juga Ketua Panitia Penyelenggara, menyebutkan kegiatan "NTB Banking Expo" akan digelar mulai 30 Juni hingga 3 Juli 2011 dan dipusatkan di gedung Narmada Convention Hall Mataram.

         Acara tersebut rencananya akan dibuka oleh Gubernur NTB dan akan dihadiri oleh sejumlah pimpinan bank swasta nasional dan kalangan pengusaha.

         Pada acara pembukaan, kata dia, akan menampilkan seni budaya Sasak (nama suku di Pulau Lombok) dan pada acara penutupan menampilkan budaya Samawa dan Mbojo (nama suku di Pulau Sumbawa).

         "Jadi tidak hanya menampilkan produk-produk perbankan. Kami juga menampilkan seni budaya daerah. Itu kami lakukan untuk lebih mengenalkan budaya NTB," ujarnya.

         Ketua Panitia Penyelenggara H. Komari Subakir, mengatakan tujuan penyelenggaraan "NTB Banking Expo" 2011 adalah untuk meningkatkan daya serap kredit khususnya pembiayaan untuk sektor UMKM.

         Tujuan lainnya adalah untuk mempromosikan produk perbankan, khususnya skim kredit dan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat terkait dengan dunia perbankan.

         Selain diisi dengan kegiatan seminar perbankan, kata dia, kegiatan "NTB Banking Expo" 2011 juga akan diisi dengan lomba Bahasa Arab dan Bahasa Inggris untuk kalangan pelajar serta mengundang para pengamen jalanan sebagai wujud kepedulian perbankan.

         Panitia juga menyediakan berbagai hadiah menarik bagi para pengunjung setiap hari dan pada saat penutupan akan ada undian hadiah utama berupa satu unit sepeda motor.

         "Bank Indonesia Mataram juga akan menyediakan penukaran uang, sehingga masyarakat tidak perlu repot ke kantor Bank Indonesia Mataram. Namun, kegiatan hanya berlangsung hingga pukul 21.00 WITA karena terkait dengan jam kerja pegawai bank," ujarnya. (*)