TNI AL kerahkan KRI Banjarmasin dukung penginapan ajang MXGP Samota

id kri banjarmasin,hotel apung,mxgp samota,tni al

TNI AL kerahkan KRI Banjarmasin dukung penginapan ajang MXGP Samota

Personel TNI AL dan Polri berdiri di samping KRI Banjarmasin yang sedang lego jangkar di Pelabuhan Badas, Sumbawa, NTB, Rabu (22/6/2022). (ANTARA/HO-Lanal Mataram)

Mataram (ANTARA) - TNI Angkatan Laut mengerahkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banjarmasin untuk mendukung sarana penginapan di ajang MXGP Samota 2022 yang digelar pada 24-26 Juni, di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

"Berdasarkan telegram Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono, KRI Banjarmasin dikirim untuk mendukung akomodasi sebagai hotel apung bagi para penonton MXGP," kata Komandan Pangkalan TNI AL Mataram Kolonel Laut Djawara Whimbo di Mataram, Rabu.

Ia menyampaikan bahwa Kasal mengeluarkan telegram tersebut menanggapi adanya permintaan dukungan dari Gubernur NTB Zulkieflimansyah. "Pada bulan Mei 2022 lalu, Gubernur NTB mengirim surat permintaan kepada TNI AL agar bisa mengirimkan KRI untuk mendukung kegiatan MXGP Samota," ujarnya.

Kini kapal perang dengan nomor lambung 592 tersebut, kata Djawara, sudah lego jangkar di Pelabuhan Badas, Sumbawa. Komandan KRI Banjarmasin Letnan Kolonel Laut Bambang Purnomo menyampaikan bahwa kapal perang ini menyediakan ruang inap bagi 320 orang.

Baca juga: Terjual 30 ribu tiket menonton MXGP Indonesia di Samota
Baca juga: Racing supplies start to arrive in Lombok


"Daya tampung 320 orang dengan catatan 100 orang menggunakan tempat tidur lapangan," ucap Bambang. Dengan adanya dukungan ini, Bambang berharap ajang olahraga balap ekstrem yang berlangsung pada 24-26 Juni 2022 bisa berjalan sesuai rencana.

"Sesuai amanah Kasal, kehadiran TNI AL harus memberikan manfaat bagi rakyat. Karena itu, semoga dukungan dari TNI AL dapat menjadi bagian dalam menyukseskan kegiatan MXGP di Sumbawa," ujarnya.