ANOC World Beach Games 2023 di Bali usung ramah lingkungan

id NOC Indonesia,ANOC World Beach Games,Indonesia,Bali,OCA,Harry Warganegara,Sekjen KOI,AWBG

ANOC World Beach Games 2023 di Bali usung ramah lingkungan

Games Operation Coordinator 2nd ANOC World Beach Games (WBG) 2023 Richard Sambera (kanan) dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari (tiga kanan) menyampaikan keterangan kepada media saat 1st Technical Delegate Meeting ANOC World Beach Games Bali 2023 di Kuta, Badung, Bali, Minggu (25/9/2022). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Nasional (KOI/NOC Indonesia) Harry Warganegara mengatakan, ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 di Bali bakal mengusung konsep ramah lingkungan. Kepada ANTARA di Jakarta, Kamis, Harry mengatakan hal itu sesuai dengan program yang telah disepakati dalam Sidang Umum Dewan Olimpiade Asia (OCA) di Kamboja, Rabu (4/10) lalu.

Pertemuan tersebut, kata Harry, menghasilkan sejumlah keputusan seperti melakukan penghematan bagi penyelenggara multievent, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah AWBG 2023 di Bali. "OCA sendiri membahas Olympic Movement, bagaimana agar mendorong generasi muda berolahraga, atlet, dan sustainability dan peduli lingkungan," kata Harry.

"Lalu penerapan go green dilakukan, seperti menggunakan mobil listrik. Kemudian tidak menggunakan botol plastik dan lain sebagainya," katanya menambahkan. Lebih lanjut, Harry mengatakan penghematan bisa dilakukan dari segi transportasi dan lain sebagainya.

"Transportasi tidak ada lagi VIP atau jalan sendiri-sendiri. Kecuali mungkin memang kepala negara. Jadi seperti Ketua NOC dan lain-lainnya bisa pakai transportasi bersama," ujar Harry. Dalam Sidang Umum OCA ke-41 lalu, Sekretaris Jenderal Association of National Olympic Committee (ANOC) Gunila Lindberg memang menyosialisasikan terkait penyelenggaraan AWBG 2023.

Harry hadir dalam Sidang Umum OCA bersama Komite Eksekutif NOC Indonesia Jadi Rajagukguk, Wakil Sekretaris Jenderal III Josephine Tampubolon, serta Hubungan Internasional Lilla Hovart. Dalam kegiatan tersebut, Lindberg menyebutkan sejauh ini terdapat 38 NOC yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti 14 cabang olahraga di AWBG edisi kedua di Bali.

Baca juga: Tiga daerah di Bali potensial jadi venue WBG 2023
Baca juga: Pemprov Bali dukung penuh ANOC World Beach Games 2023


Dia berharap lebih dari 100 NOC nantinya turut bersaing dalam ajang yang dijadwalkan bergulir di Bali pada 5-12 Agustus 2023 tersebut. Kemudian, ANOC bakal menyelenggarakan Sidang Umum di Seoul, Korea Selatan pada 19-21 Oktober untuk membahas lebih lanjut terkait penyelenggaraan AWBG di Bali.