Anggota DPD bentuk forum putri rinjani legislatif

id perempuan,legislatif

selain itu untuk mengontrol keterwakilan 30 persen perempuan dalam Pemilu Legislatif 2014
Mataram (Antara)- Anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan Nusa Tenggara Barat membentuk Forum Putri Rinjani (FPR) yang beranggotakan anggota dan calon anggota legisltif (caleg) perempuan di Kota Mataram.

Anggota DPD RI Dapil NTB Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi selaku Pembina FPR di Mataram, Jumat, mengatakan, pembentukan forum ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi antara para caleg perempuan.

"selain itu untuk mengontrol keterwakilan 30 persen perempuan dalam Pemilu Legislatif 2014," katanya.

Dia mengatakan, pembentukan FPR Kota Mataram beberapa waktu lalu dihadir sekitar 40 orang caleg perempuan dari perwakilan masing-masing parti politik yang ada di daerah ini.

Forum tersebut, kata Diyah, untuk mencari kelebihan dari masing-masing caleg, serta mencari caleg yang potensial kemudian menyamakan persepsi dan komitmen untuk saling mendukung satu dengan yang lainnya.

"Jika diantara mereka nantinya lolos menjadi anggota legislatif, yang bersangkutan harus mampu memperjuangkan aspirasi dari kaum hawa," katanya.

Dengan demikian, katanya, forum ini akan tetap berjalan dan menjadi wadah berdiskusi bersama kaum perempuan dengan anggota legislatif dalam melakukan kegiatan sosial dan mencari solusi atas masalah yang dihadapi perempuan.

Menurut dia, FPR ini baru terbentuk di Kota Mataram, namun ke depan kata Diyah pihaknya sedang menyusun rencana pembentukan FPR di kabupaten lainnya di Pulau Lombok.

"Untuk sementara kita fokus di Kota Mataram dulu, namun demikian FPR membuka diri jika ada caleg atau anggota legislatif lainnya yang ingin bergabung," katanya.