Menparekraf ingin para kepala daerah beritahu wisata "hidden gems"

id Sandiaga Uno,KEN 2023,Hidden Gems,Wisata Hidden Gems,Sportive Event

Menparekraf ingin para kepala daerah beritahu wisata "hidden gems"

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno foto bersama dengan masyarakat pasca peluncuran Karisma Event Nusantara (KEN) Festival 2023 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu. ANTARA/M. Baqir Idrus Alatas

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menginginkan para Gubernur, Walikota, dan Bupati untuk memberitahu  jika ada hidden gems, atau objek wisata di daerahnya yang masih tersembunyi.
 

“Saya ingin Pak Gubernur dan Pak Walikota dan Bu Walikota, Pak Bupati dan Bu Bupati, memberitahu jika ada hidden gems, ada (tempat wisata) yang tersembunyi yang belum kita tahu. Tolong saya diberitahu, saya akan promosikan. Karena jika kita promosikan, InsyaAllah akan lebih banyak lagi wisatawan yang datang,” kata dia dalam peluncuran Karisma Event Nusantara (KEN) Festival 2023 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu.

KEN 2022 telah menciptakan tiga juta pergerakan wisatawan nusantara', 11 ribu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), 55 ribu pelaku seni/event, dan 250 asosiasi maupun komunitas, serta 11 ribu pekerja.

Melalui KEN 2023 yang menghadirkan 110 event unggulan berdasarkan hasil kurasi dari 38 provinsi, diharapkan mendorong kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancengara (wisman) semakin berkualitas dengan memberikan dampak ekonomi terhadap negara.

Dalam program KEN 2023, bakal dimeriahkan oleh sejumlah pengisi acara. Mulai dari penggiat seni hingga seniman musik yang berasal dari daerah masing-masing

Di antaranya Aceh Culinary Festival, Banjarmasin Sasirangan Festival, Bogor Street Festival/Cap Go Meh, Festival Babukung, Festival Bunga dan Buah, Festival Pacu Jalur, Festival Rujak Uleg, Festival Tabut, Festival Tenun Ulos dan Fashion, Jember Fashion Carnaval, Jogja Violin Festival, Musik Alam Festival, Samosir Music International, Tomohon International Flower Festival.

Baca juga: Puluhan "hammock" terpasang di objek wisata "Giong Siu" Mataram
Baca juga: Pengunjung padati objek wisata Cikao Park

“Ini adalah beberapa contoh KEN sebagai ajang diskusi dan pembelajaran bersama,” ucapnya.

Selain KEN 2023, Menparekraf juga meluncurkan Sportive (klasifikasi khusus untuk sport, music, dan creative festival) yang pada tahun ini bakal ada 65 event portive di Indonesi  “Sportive dan KEN 2023 kita luncurkan hari ini, Melalui inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, kita Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) aja,” ungkap Sandiaga.