Bupati Lombok Timur meresmikan dermaga bantu mobilitas masyarakat

id Lombok Timur ,Dermaga

Bupati Lombok Timur meresmikan dermaga bantu mobilitas masyarakat

Bupati Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, HM Sukiman Azmy (ANTARA/Humas Pemkab Lombok Timur)

Lombok Timur (ANTARA) - Bupati Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, HM Sukiman Azmy meresmikan penggunaan Dermaga Telong Elong yang telah dibangun melalui Program Samudera Indonesia  Peduli,  untuk membantu mobilitas masyarakat setempat.

"Manfaatkan dan jaga dermaga ini dengan baik sehingga bisa dipergunakan dalam waktu yang lama. Jika rusak, harus diperbaiki sama-sama,” kata Sukiman Azmy dalam keterangan tertulisnya di Lombok Timur, Rabu.

Ia mengatakan apa yang sudah dilakukan Samudera Indonesia Peduli dapat ditiru masyarakat, terutama dalam bergotong royong membangun dermaga. Ia melihat saat ini nilai gotong-royong itu sudah mulai berkurang.

"Mari kita tingkatkan semangat gotong royong untuk kemajuan bersama," katanya.

Bupati juga menyinggung kurangnya inisiatif masyarakat, seperti kelalaian membiarkan ilalang di sepanjang jalan dekat dermaga. Padahal, jika masyarakat memiliki inisiatif membersihkan rumput liar atau memperlebar jalan, pemerintah daerah akan mendukung dan memfasilitasi.

"Mari kita jaga lingkungan dengan tetap menjaga kebersihan," katanya.

Sementara itu Direktur Samudera Indonesia Peduli, Nadya Anette mengaku miris melihat kondisi dermaga masyarakat yang tidak layak pakai. Dermaga itu awalnya sudah dibangun tetapi kondisinya tidak layak.

"Sehingga dibangun kembali agar bisa digunakan oleh masyarakat di Telong-Elong," katanya.

Ia mengatakan Samudera Indonesia Peduli hadir pertama kali di Lombok Timur sejak tahun 2019 dalam rangka program sosial dengan membuka klinik gratis untuk korban gempa bumi.

"Kegiatan berlanjut dengan program sekolah, hingga pengadaan perahu sinar Wakatobi untuk penyeberangan anak-anak sekolah," katanya.