Xl komitmen dukung NTB kembangkan potensi wilayah

id XL Bali

Xl komitmen dukung NTB kembangkan potensi wilayah

Teknisi XL sedang melakukan pemeriksaan perangkat di salah satu menara BTS XL untuk mempersiapkan jaringan XL jelang Ramadan dan Lebaran. (1)

Mataram, (Antara NTB) - Perseoran Terbatas XL Axiata Tbk, operator kedua terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk terus mendukung Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam memajukan potensi berbagai wilayah melalui pengembangan jaringan telekomunikasi.

General Manager Sales XL Bali-Nusa Tenggara (Nusra) Dodyk Supriyono, di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, mengatakan sejalan dengan tujuan tersebut, perusahaannya melakukan modernisasi infrastruktur telekomunikasi atau "base transceiver station" (BTS) 2G di seluruh pulau Lombok, dimana BTS-BTS 2G yang lama diganti dengan BTS 2G yang baru.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan baik untuk layanan pesan singkat (sms) , suara dan data. Dukungan tersebut diwujudkan XL untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan sehari-hari masyarakat setempat," katanya.

Selain itu, kata dia, perusahaannya terus berusaha untuk memperluas layanan jaringan 4G di Indonesia, termasuk di Kota Mataram, NTB, yang direncanakan akan beroperasi pada awal Juli 2015.

4G merupakan teknologi jaringan telekomunikasi tercanggih saat ini. Teknologi ini disebut-sebut memiliki keunggulan terutama pada kecepatan, efisiensi jaringan, dan jangkauan layanan.

Di NTB pada khususnya, lanjut Dodyk, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTB dalam hal penyediaan fasilitas "website" bagi panti asuhan, rumah yatim, dan membantu pengembangan bisnis "on line" melalui elevenia bagi masyarakat di Pulau Lombok.

Untuk penyediaan fasilitas "website" akan diawali terlebih dulu dengan proyek percontohan di Kota Mataram dan di ibu kota kabupaten yang ada di Pulau Lombok. Tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam menyalurkan zakat, memberikan sedekah serta bagi anak-anak panti dapat belajar bagaimana membangun "website".

XL juga akan menyiapkan pengajaran mengenai internet sehat dan mendorong masyarakat untuk dapat menyediakan konten-konten yang positif.

XL akan memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai bagaimana masyarakat dapat memanfaatkan akses menjalankan bisnis "on line", sehingga bisa mendorong munculnya para wirausahawan-wirausahawan baru.

"Kerja sama XL dengan Pemerintah Provinsi NTB, kami lakukan untuk dapat membantu memajukan potensi-potensi yang ada di Pulau Lombok," katanya.

Dodyk menambahkan pihaknya berharap melalui kerja sama dapat membantu Pemerintah Provinsi NTB dalam mengembangkan berbagai potensi perekonomian yang ada.

Secara umum NTB adalah salah satu daerah yang sangat penting bagi XL, di mana jumlah pelanggan XL lebih dari 90 persen.

NTB juga merupakan daerah dengan infrastruktur jaringan terbaik, di mana jaringan "backbone" XL melintasi daerah ini dan tersambung dengan jaringan utama ke seluruh pulau-pulau utama lainnya.

"Terdapat sedikitnya lebih dari 1600 BTS XL di seluruh NTB, sebanyak 600 unit di antaranya adalah BTS 3G," katanya.  (*)