Info cuaca prakirakan enam daerah di Kaltim hujan disertai petir

id bmkg balikpapan,hujan lebat,hujan petir,prakiraan cuaca,cuaca kaltim

Info cuaca prakirakan enam daerah di Kaltim hujan disertai petir

Informasi prakiraan cuaca di Kabupaten Mahakam Ulu pada Rabu-Kamis yang dirilis BMKG Stasiun Balikpapan Selasa (18/7) (Antara / HO BMKG Balikpapan)

Samarinda (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebanyak enam kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Rabu-Kamis (19-20/7), sehingga semua pihak diimbau waspada dampaknya.

"Dampak hujan disertai petir dan angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor dan lainnya," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Selasa.

Enam daerah yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut adalah Kabupaten Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, dan Kota Samarinda. Sedangkan empat daerah lainnya hanya hujan ringan hingga sedang.

Rinciannya antara lain di Berau hujan disertai petir diprakirakan terjadi pada Rabu sekira pukul 17.00 WITA di Kecamatan Kelay dan Segah, pukul 20.00 WITA di tujuh kecamatan yakni Kelay, Maratua, Pulau Derawan, Tabalar, Biatan, Segah, dan Talisayan, pukul 23.00 WITA di Kecamatan Kelay dan Segah.

Pada Kamis dini hari sekira pukul 02.00 WITA hujan disertai petir berpotensi terjadi di Kecamatan Segah dan Kelay. Sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan hingga pukul 05.00 WITA.

Di Kota Samarinda pada Rabu-Kamis pukul 23.00 WITA hujan disertai petir berpotensi terjadi pada enam kecamatan yakni Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan.

Di Kabupaten Kutai Barat pada Rabu sekira pukul 17.00 WITA hujan disertai petir diprakirakan terjadi di tujuh kecamatan yakni Sendawar, Melak, Barong Tongkok, Mook Manaar Bulatn, Nyuatan, Sekolaq Darat, Kecamatan Tering.

Sedangkan pukul 20.00 WITA hal yang sama diprakirakan terjadi di sembilan kecamatan yakni Sendawar, Damai, Long Iram, Muara Pahu, Jempang, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Muara Lawa, Tering, pukul 23.00 di Kecamatan Long Iram dan Linggang Bigung.

Pada Kamis dini hari hujan disertai petir berpotensi terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Damai, Long Iram, dan Linggang Bigung. Sedangkan hampir semua kecamatan lainnya hujan ringan.

Baca juga: Info cuaca sebut Jakarta didominasi cerah berawan pada Senin
Baca juga: Info cuaca : Jakarta diprakirakan cerah berawan pada Kamis


"Di Kabupaten Kutai Timur pada Rabu mulai pukul 14.00 - 23.00 hujan ringan hingga hujan disertai petir terjadi pada hampir semua kecamatan, pada Kamis dini hari hujan disertai petir berpotensi terjadi di delapan kecamatan yakni Batu Ampar, Kongbeng, Muara Ancalong, Muara Wahau, Busang, Long Mesangat, Muara Bengkal, dan Telen," kata Heni.