KPP Pratama Mataram Barat peringati Hari Pajak bersama masyarakat di Car Free Day

id KPP Pratama Mataram Barat,KPP Pratama,Pajak,Mataram

KPP Pratama Mataram Barat peringati Hari Pajak bersama masyarakat di Car Free Day

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mataram Barat, Provinsi NTB kembali menggelar kegiatan Hari Pajak berupa pawai bersama grup drumband SD Negeri 01 Ampenan, pegawai dan masyarakat di lokasi Car Free Day yang diikuti lebih dari 100 orang, Minggu (23/7).

Mataram (ANTARA) - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mataram Barat, Provinsi NTB kembali menggelar kegiatan Hari Pajak berupa pawai bersama grup drumband SD Negeri 01 Ampenan, pegawai dan masyarakat di lokasi Car Free Day yang diikuti lebih dari 100 orang, Minggu (23/7).

Kegiatan ini merupakan bentuk dedikasi dan peran aktif KPP Pratama Mataram Barat dalam mengembalikan perekonomian yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19 sesuai dengan tagline Hari Pajak tahun 2023 mengangkat tema "Rawat Kebersamaan dan Kuatkan Tekad Wujudkan Perubahan".

Tema tersebut dengan elaborasi masing-masing komponen, yakni rawat kebersamaan, menggambarkan penguatan internal yang senantiasa dilakukan sebagai bekal utama dalam menggerakan institusi Direktorat Jenderal Pajak.

Selain itu, mengajak masyarakat untuk berkontribusi secara aktif melalui pajak sebagai perwujudan semangat gotong royong yang merupakan falsafah luhur bangsa. 

Kuatkan tekad, merupakan perwujudan dari harapan dan optimisme akan masa depan yang cemerlang bagi Direktorat Jenderal Pajak sebagai institusi yang bertugas menghimpun penerimaan negara, di mana tanpa henti selalu berefleksi dan kontemplasi untuk melakukan perbaikan di segala aspek.

Wujudkan perubahan, menggambarkan tujuan institusi untuk bergerak ke arah yang lebih baik dan senantiasa menjadi jangkar untuk bergerak maju.

Acara Pawai Hari Pajak tersebut, merupakan puncak rangkaian kegiatan peringatan Hari Pajak yang diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Juli. 

Adapun peringatan Hari Pajak tahun 2023, beberapa kegiatan yang diselenggarakan antara lain,  secara internal KPP Pratama Mataram Barat menyelenggarakan kegiatan lomba tenis meja antar pegawai untuk menumbuhkan semangat bekerja sama dalam melaksanakan tugas.

Selain itu, bersama dengan Dinas Perizinan Kota Mataram memberikan layanan pembuatan NPWP dan Nomor Induk Berusaha (NIB) di Kelurahan Sekarbela untuk pedagang dan pengrajin emas Mutiara (12/7), memberikan santunan kepada anak, yatim di Panti Asuhan Nurul Jannah Nahdlatul Wathan Ampenan.

KPP Pratama Mataram Barat juga memberikan edukasi tentang fasilitas perpajakan bagi UMKM bersama Dinas Perindustrian di pelatihan membuat roti di Hotel Puri indah Mataram (14/7). 

Semua rangkaian kegiatan peringatan Hari Pajak tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan.

Kepala KPP Pratama Mataram Barat, Devi Sonya Adrince berharap peringatan Hari Pajak tahun 2023 ini dapat menjadi tonggak dalam kemandirian bangsa Indonesia. 

"Bermula dari kesadaran akan pentingnya mengatur penerimaan negara dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945, kini pajak telah menjadi penopang terbesar dalam porsi penerimaan negara," katanya. 

Bagi Direktorat Jenderal Pajak, memaknai Hari Pajak adalah dengan terus berupaya melakukan perbaikan disegala bidang salah satunya dalam bentuk mewujudkan Reformasi Pajak dan tata Kelola perpajakan Indonesia yang berkeadilan.

Salah satu misi Direktorat Jenderal Pajak adalah menghimpun penerimaan dalam negeri dari sektor pajak yang mampu menunjang kemandirian pembiayaan pemerintah. 

Terkait hal tersebut, sampai dengan akhir semester I tahun 2023 (30 Juni 2023), KPP Pratama Mataram Barat mencatat realisasi penerimaan pajak sebesar Rp621,977 miliar atau 46,45 persen dari target Rp1.465,071 miliar, Kepala KPP Pratama Mataram Barat Devi Sonya Adrince mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada wajib pajak yang telah berpartisipasi.