"AMAN" calon tunggal Pilkada Kota Mataram

id Pilkada Mataram

"AMAN" calon tunggal Pilkada Kota Mataram

Dokumentasi baliho pasangan bakal calon walikota peserta Pilkada serentak 2015 di jalan Udayana, Mataram, NTB, Jumat (31/7). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi) (1)

Mataram (Antara NTB) - Pasangan "AMAN" yakni calon Wali Kota H Ahyar Abduh dengan calon Wakil Wali Kota Mohan Roliskana, dinyatakan sebagai calon tunggal yang akan maju ke Pilkada serentak Kota Mataram, 9 Desember 2015.

Sesuai aturan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 12/2015, maka penyelenggaraan Pilkada untuk Kota Mataram ditunda hingga 2017.

"Jika hanya ada satu pasangan calon yang dinyatakan sah telah terdaftar di KPU, maka Pilkada tersebut akan ditunda hingga 2017 mendatang," kata Ketua KPUD Kota Mataram Ainul Asikin di Mataram, Senin.

Namun, lanjutnya, KPUD Kota Mataram masih menunggu keputusan pusat terkait tindaklanjut adanya calon tunggal tersebut. "Itu disebutkan berdasarkan aturan PKPU, tapi nantinya kita tunggu regulasi dari KPU Pusat," ujarnya.

Hingga keterangan terakhir dengan Ainul Asikin, pihaknya berencana akan melaporkan lebih lanjut dengan pusat terkait hasil terakhir pendaftaran pasangan calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Mataram itu.

Termasuk akan mempertanyakan apakah dengan adanya pasangan calon tunggal, masa pendaftaran akan diperpanjang atau kah tidak. "Nanti kita akan melaporkan hasilnya dan menunggu regulasi selanjutnya dari pusat," ucap Asikin.

Sebelumnya, pada Minggu (2/8), pasangan paket "SAHAJA" yakni calon Wali Kota Salman dengan calon Wakil Wali Kota Jana Hamdiana, yang diusung oleh partai Golkar, mendaftarkan diri ke KPUD Kota Mataram.

Namun, Dikarenakan tidak memenuhi persyaratan, maka pasangan paket "SAHAJA" dinyatakan KPUD Kota Mataram tidak ikut terdaftar dalam persaingan memperebutkan kursi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram.

"Pendaftarannya dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat yang telah disebutkan pada Pasal 6 PKPU No 9/2015, parpol tidak boleh mencabut dukungannya dan tidak boleh mencalonkan dua pasangan," katanya.

Diketahui sebelumnya, Golkar telah mengusung pasangan "AMAN" yang akan maju ke Pilkada Serentak Kota Mataram. Sehubungan hal tersebut, "SAHAJA" dinyatakan gugur, karena parpol yang mengusungnya terlebih dahulu mengusung paket "AMAN". (*)