Sumut berharap TNI semakin tangguh di usia ke-78

id Pj Gubernur, HUT TNI, NKRI,TNI Sumut

Sumut berharap TNI semakin tangguh di usia ke-78

Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin saat menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI di Lapangan Astaka Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Pemerintah Provinsi Sumut, di Medan, Kamis. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sumut)

Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin berharap di usia yang ke 78 tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) semakin profesional, modern dan tangguh guna melindungi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Tentu kita optimistis TNI akan semakin profesional, semakin modern dan tangguh, dan itu butuh dukungan seluruh pihak, termasuk masyarakat," katanya usai menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI di Lapangan Astaka Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Pemerintah Provinsi Sumut, di Medan, Kamis.

Mantan Pangdam Bukit Barisan itu mengatakan, dalam menjaga keutuhan negara juga diperlukan kolaborasi dan sinergitas antarpemangku kebijakan. Menurutnya, tantangan saat ini semakin kompleks dan dinamis.

"Sinergitas lintas sektor sangat penting saat ini, karena tantangan yang kita hadapi semakin kompleks dan dinamis, butuh kerja sama yang baik untuk menghadapinya,” kata Hassanudin.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan mengatakan pada HUT TNI dijadikan introspeksi diri dan sarana berbenah untuk mewujudkan TNI yang profesional, modern dan tangguh. “Momentum HUT ke-78 TNI harus kita jadikan bahan introspeksi untuk berbenah,” katanya.

Baca juga: Pj Gubernur NTB hadiri Penganugerahan Satyalencana Kesetiaan
Baca juga: Brigjen TNI Agus Bhakti pimpin Satgas Kontingensi kawal perhelatan MotoGP


Mochammad Hasan mengatakan saat ini salah satu yang menjadi perhatian bagi TNI adalah ajang Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Menurutnya, TNI harus peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa, karena selain pemilihan presiden dan wakilnya, juga akan dilangsungkan pilkada di 548 daerah. "TNI juga berkomitmen menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung aman, damai dan sejuk,” kata Mochammad Hasan.