Medan terus berkomitmen wujudkan kehidupan spiritual masyarakat

id Maulid,Nabi Muhammad,Pemkot Medan,Abu Kosim Nasution,Pemkot Medan berkomitmen wujudkan kehidupan spiritual,wujudkan kehi

Medan terus berkomitmen wujudkan kehidupan spiritual masyarakat

Kabag Kesra Setda Kota Medan Abu Kosim Nasution ketika menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah di Masjid Al Huda, Medan, Ahad (15/10/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Medan (ANTARA) - Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, terus berkomitmen mewujudkan kehidupan spiritual masyarakat melalui pembangunan rohani agar lebih bijak, jujur, menghormati dan memiliki toleransi.

"Beragam upaya, kita wujudkan melalui misi Medan Berkah yang telah ditetapkan," ucap Wali Kota Medan diwakili Kabag Kesra Setda Kota Medan Abu Kosim Nasution ketika menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah di Masjid Al Huda, Medan, Ahad.

Pihaknya menjelaskan bahwa implementasi atas program Medan Berkah ini, salah satunya diwujudkan melalui program rutin Safari Subuh maupun Safari Jumat. Kemudian pembangunan fisik Medan Islamic Center pada lahan seluas 22 hektare di Kelurahan Tangkahan, Medan Labuhan, dilakukan dengan waktu 600 hari kalender. Pembangunan fisik Medan Islamic Center ini diikuti dengan pembangunan masjid dan berbagai fasilitas lainnya, seperti perguruan tinggi, sekolah dan kantor berbagai ormas Islam.

Terakhir program Masjid Mandiri dengan memfungsikan masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja, tapi juga sentra aktivitas masyarakat, baik ekonomi, pendidikan, sosial maupun politik. "Semua ini dilakukan Pemkot Medan sebagai ikhtiar mewujudkan masyarakat Kota Medan menjadi pusat peradaban Islam di Sumatera Utara, dan bahkan di Indonesia," katanya.

Abu juga menyebut Pemkot Medan mengajak seluruh masyarakat Kota Medan menjadikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini sebagai renungan meneladani Rasulullah. Terutama diutusnya Rasulullah ke muka bumi menjadi penanda berakhirnya zaman jahiliyah dengan membawa risalah penuntun umat untuk memperbaiki akhlak umat manusia.

"Kita berharap melalui peringatan Maulid ini, kita mampu membangun kehidupan lebih baik di dunia maupun akhirat kelak dengan menjadikan sosok Rasulullah sebagai teladan," ungkap dia. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah di Masjid Al Huda ini diisi tausiyah yang disampaikan oleh Ustad Muhammad Nursam yang juga sebagai Ketua Baznas Kota Medan.

Baca juga: Perjalanan spiritual Miss International Kevin Lilliana
Baca juga: Madrasah Fest ajang siswa kembangkan bakat ilmu keagamaan



Selain diisi tausiyah, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini juga diisi pemberian santunan kepada anak yatim piatu dan hadiah kepada juara perlombaan.