Sebanyak 79 tim bersaing dalam Kejurnas Voli Pantai 2023

id Kejurnas Voli Pantai 2023,Babak Kualfikasi PON 2024,PP PBVSI

Sebanyak 79 tim bersaing dalam Kejurnas Voli Pantai 2023

Para pelatih tim Voli Pantai dalam konferensi pers sebelum ajang Kejurnas Voli Pantai 2023 yang juga menjadi ajang Babak Kualifikasi PON XXI-2024 di Padepokan Bola Voli Jenderal Kunarto, Sentul, Bogor, Senin (23/10/2023) (ANTARA/HO-PP PBVSI)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 79 tim akan bersaing dalam Kejurnas Voli Pantai 2023 yang merupakan ajang kualifikasi PON XXI-2024, yang berlangsung di Padepokan Bola Voli Jenderal Kunarto, Sentul, Bogor, pada 24-26 Oktober.

"Pesertanya babak kualifikasi PON di Sentul ini cukup banyak. Ada 43 tim putra, dan 36 tim putri," kata Ketua Panitia Kejurnas Voli Pantai Babak Kualifikasi PON XXI-2024 Slamet Mulyanto melalui keterangan resminya di Jakarta, Selasa.

Sebanyak 79 tim yang berasal dari 25 provinsi di Indonesia tersebut terbagi ke dalam dua kategori yaitu putra dan putri. Sebanyak 43 tim putra akan bersaing memperebutkan 16 tiket menuju PON edisi ke-21. Lalu sebanyak 36 tim putri akan saling jegal untuk mengamankan 16 tiket menuju ajang yang sama.

Slamet berharap muncul tim kejutan dalam Kejurnas Babak Kualifikasi PON XXI 2024 yang digelar di Sentul tersebut, karena sejauh ini ada tiga tim yaitu Jawa Timur, DI Yogyakarta, dan Nusa Tenggara Barat yang terus mendominasi gelar juara selama berlangsungnya turnamen.

“Selama ini, hanya tiga daerah, yaitu Jatim, Yogyakarta, dan Nusa Tenggara Barat yang mendominasi voli pantai nasional. Saya berharap, ada daerah lain membuat kejutan di sini (Kejurnas Voli Pantai),” katanya.

Baca juga: Tim putra dan putri Jakarta petik kemenangan Kejurnas Bola Voli
Baca juga: Livoli Divisi Utama 2023 sebelum mulai servis


Hal senada juga diungkapkan Pelatih Voli Pantai Jawa Timur, Andi Ardiansyah, yang mengharapkan adanya juara kejutan di luar tiga daerah tersebut.

“Pembinaan voli pantai nasional muaranya memang Jawa Timur, DI Yogyakarta, dan Nusa Tenggara Barat. Pembinaan tiga provinsi ini berjalan dengan baik. Atlet-atlet nasional berasal dari tiga provinsi ini. Juara-juara PON juga dari situ. Mungkin Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, bisa mengejutkan ajang turnamen tahun ini,” kata Andi.