KPU Jakbar menyebut beberapa poin penting bagi pemilih pemula

id Pemilih pemula,KPU,KPU Jakbar, Pemilih Pemula, Pilpres, Pemilu Serentak

KPU Jakbar menyebut beberapa poin penting bagi pemilih pemula

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat, Endang Istianti saat ditemui di kantornya, Senin (15/1/2024). Antara/Risky Syukur

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat menyebut beberapa poin penting yang harus diperhatikan pemilih pemula pada Pemilu 2024. Ketua KPU Jakbar, Endang Istianti, mengatakan bahwa poin penting pertama adalah memastikan sudah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), yakni pada laman cekdptonline.kpu.go.id.

"Ya pertama memastikan namanya sudah masuk dalam DPT," kata Endang saat ditemui di Kantor KPU Jakbar, Senin.

Berikutnya, katanya, adalah mengetahui lokasi tempat pemungutan suara (TPS). "Mengetahui dengan pasti di TPS berapa (untuk melakukan pemungutan suara)," ujarnya. Kemudian, lanjut dia, memahami empat kategori pemilihan di DKI Jakarta.

"Memahami ada berapa kategori pemilihan. Ada empat di DKI Jakarta, yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden, yang kedua memilih anggota DPR RI, yang ketiga DPD yang ketiga memilih anggota DPRD provinsi. Kalau provinsi lain ada lima (kategori pemilihan), kalau DKI Jakarta hanya empat," ucap dia.

Selain itu, kata Endang, mencari informasi mengenai peserta pemilu dengan menggunakan platform internet atau platform lainnya.

"Mengetahui siapa saja peserta pemilu. Jadi informasi kan mudah ya diakses di media sosial, di internet, di semuanyalah. Di semua platform bisa dilihat dan nanti akan memilih yang mana," ujarnya.

Baca juga: Disdukcapil Badung Bali menggencarkan perekaman KTP-el bagi pemilih pemula
Baca juga: Kepedulian pemilih pemula di Jerman relatif rendah di Berlin

Di DKI Jakarta, tutur Endang, terdapat 20,61 persen pemilih pemula atau masuk dalam kategori Gen Z.

"Pemilih pemula, atau yang kita sebut pemilih Gen Z di Jakbar itu ada 392.620 dari 1.946.535 DPT. Jadi ada 20,61 persen pemilih Gen Z di Jakbar," pungkas Endang.