Pangdam IX/Udayana Mayjen Harfendi apresiasi program Jumat Salam Pemprov NTB

id Pemprov NTB,Program Jumat Salam,Pangdam Udayana

Pangdam IX/Udayana Mayjen Harfendi apresiasi program Jumat Salam Pemprov NTB

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana Mayjen TNI, Harfendi (kiri) bersama Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Gita Ariadi (tengah) saat hadir di kegiatan Jumat Salam yang dirangkai dengan edukasi keuangan kepada masyarakat oleh OJK NTB di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Jumat (2/2/2024). (ANTARA/Pemprov NTB).

Lombok Timur, NTB (ANTARA) - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi mengapresiasi Program Jumat Salam yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Program ini sebagai langkah nyata kedekatan pemerintah dengan masyarakat," ujarnya saat hadir di kegiatan Jumat Salam yang dirangkai dengan edukasi keuangan kepada masyarakat oleh OJK NTB di Lombok Timur, Jumat.

Harfendi menilai program yang digagas Gubernur NTB visioner dalam membuat program kerja. Senin hingga Jumat masing-masing memiliki program yang dapat memberikan kesejahteraan masyarakat NTB.

"Gubernur NTB visioner, program kerjanya tertata apik. Senin sampai Jumat masing-masing memiliki program," ujarnya.

Pangdam Udayana menjelaskan rangkaian kegiatan yang dilakukannya dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, mulai dari penanaman pohon di Pos II pendakian Gunung Rinjani, gotong royong pilah pilih sampah plastik.

Mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah plastik sembarang tempat guna menjaga kesuburan tanah serta pelepasan burung sebagai bentuk menjaga alam untuk generasi masa depan.

"Rangkaian kegiatan yang kami lakukan dengan Pemerintah NTB mulai dari penanaman pohon, pilah sampah, dan pelepasan burung itu merupakan langkah menjaga alam untuk generasi masa depan," kata Pangdam Udayana.

Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat, menjaga alam dengan menanam pohon, dan tidak membuang sampah plastik sembarangan tempat.

Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi mengatakan kegiatan edukasi keuangan di Sembalun bersama OJK NTB, tidak lain untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang pengelolaan keuangan yang tepat.

"Edukasi keuangan merupakan kunci untuk memastikan bahwa setiap individu dapat mengelola dan merencanakan keuangan mereka dengan baik," ujarnya.

Kegiatan edukasi keuangan tersebut, memberikan informasi tentang pengelolaan keuangan digital, tabungan, investasi, dan perencanaan keuangan pribadi. Selain itu, juga diberikan pemahaman tentang literasi digital dalam transaksi keuangan yang aman dan efisien dalam sesi dialog.

"Kami ingin memberdayakan masyarakat dengan pengetahuan keuangan yang benar. Dengan pemahaman yang baik, diharapkan masyarakat dapat membuat keputusan keuangan yang cerdas," katanya.

Baca juga: Pangdam Udayana meminta Satgas Pamtas RI-RDTL awasi kegiatan ilegal
Baca juga: Pangdam Udayana: Pengawasan netralitas pemilu di bawah kendali dansat


Miq Gite sapaan akrabnya menegaskan komitmen Pemprov NTB untuk terus melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami akan terus mendukung edukasi literasi keuangan dengan menciptakan iklim masyarakat yang berpengetahuan, mandiri dan sejahtera," katanya.*