Harga beras di Lombok Timur kembali naik usai Pemilu 2024

id Harga kebutuhan pokok ,Lombok Timur,harga beras,pemilu 2024,harga beras di lombok timur naik

Harga beras di Lombok Timur kembali naik usai Pemilu 2024

PJ Bupati Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB, HM Juani Taofik saat melakukan kunjungan kerja di Pasar Paokmotong, Sabtu (17/02/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Timur)

Beras premium yang saat ini berada di kisaran harga Rp16 ribu dari harga Rp15 ribu per kilogram. Beras medium seharga Rp14 ribu dari harga semula yakni Rp13 ribu per kilogram

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan harga kebutuhan pokok seperti beras kembali naik Rp16 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp15 ribu per kilogram usai Pemilu 2024.

PJ Bupati Kabupaten Lombok Timur, HM Juani Taofik di Selong, Sabtu, mengatakan aktivitas jual beli di pasar sudah mulai berjalan seperti biasa usai berlangsungnya Pemilu 2024 Rabu lalu. Hasil pemantauan harga beberapa komoditi kali ini masih terbilang terjangkau, meskipun diakui terjadi sedikit kenaikan harga pada beras.

"Beras premium yang saat ini berada di kisaran harga Rp16 ribu dari harga Rp15 ribu per kilogram. Beras medium seharga Rp14 ribu dari harga semula yakni Rp13 ribu per kilogram," katanya.

Kenaikan harga beras tersebut diakibatkan belum mulai musim panen pada musim tanam pertama 2024, sehingga harga beras mengalami kenaikan meskipun tidak signifikan.

"Kenaikan itu disebabkan karena belum masuknya musim panen," katanya.

Sementara harga komoditas lain seperti daging ayam justru mengalami penurunan yang tadinya mencapai harga Rp35-40 ribu per kilogram saat ini bisa didapatkan dengan harga Rp30 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga minyak masih stabil Rp16 ribu per liter.

"Harga kebutuhan pokok lainnya masih stabil," katanya.

PJ Bupati Kabupaten Lombok Timur tetap rutin melakukan pengecekan langsung ke pasar untuk menjaga inflasi harga kebutuhan pokok, dampak El Nino 2023. Selain masalah harga kebutuhan pokok, yang menjadi perhatian Pj Bupati tak kalah penting adalah sarana dan prasarana pasar Paokmotong.

"Pemerintah daerah akan menyempurnakan infrastruktur pasar Paokmotong ke depannya mengingat pasar ini merupakan salah satu pasar terbesar di Lombok Timur ," katanya

Oleh karena itu, ia menginstruksikan Asisten Ekonomi dan Pembangunan untuk menginventarisir sarana dan prasarana yang dibutuhkan di pasar tersebut untuk di masukkan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

"Hal itu demi kenyamanan aktivitas jual beli dan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.