Pemkot Bima matangkan persiapan Pawai Rimpu Mantika masuk KEN

id Pemkot Bima,Kota Bima,NTB,Pawai Rimpu Mantika ,Kharisma Event Nasional

Pemkot Bima matangkan persiapan Pawai Rimpu Mantika masuk KEN

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, Mukhtar Landa. (ANTARA/Kominfotik Kota Bima). (1)

Pawai Rimpu Mantika ini adalah kesempatan bagi Kota Bima untuk bersinar di tingkat nasional
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mematangkan persiapan kegiatan tahunan Pawai Rimpu Mantika yang kini menjadi bagian Kalander Event Nasional (KEN) 2024.

"Pawai Rimpu Mantika ini adalah kesempatan bagi Kota Bima untuk bersinar di tingkat nasional. Oleh karena itu persiapan harus dilakukan secara matang dan kolaboratif," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima Mukhtar saat memimpin rakor persiapan Pawai Rimpu Mantika dalam siaran pers yang diterima di Mataram, Jumat.

Ia mengatakan Pawai Rimpu Mantika merupakan kegiatan pawai budaya khas Kota Bima, yang telah dinanti-nantikan oleh masyarakat setempat. Namun untuk tahun ini menjadi lebih istimewa karena dipilih masuk dalam KEN oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga: Wali Kota Bima ajak warga meriahkan Festival Rimpu Mantika

Untuk itu berbagai aspek persiapan dibahas secara mendalam, mulai dari pengaturan rute pawai, keamanan, hingga penataan panggung dan atraksi budaya yang akan ditampilkan, termasuk pentingnya sinergi antar-instansi dalam memastikan suksesnya kegiatan tersebut.

"Semua berkomitmen untuk bekerja keras demi menjadikan Pawai Rimpu Mantika sebagai peristiwa budaya yang tak terlupakan, mengukir prestasi baru bagi Kota Bima, dan mengangkat kearifan lokal yang khas," terangnya.

Baca juga: Festival Rimpu Mantika 2024 targetkan kunjungan wisatawan ke Bima

Sekda Kota Bima menyampaikan target yang ingin dicapai dalam pelaksanaan KEN Pawai Rimpu Mantika 2024 yakni memperkenalkan budaya khas Kota Bima secara nasional, mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi lokal, mempromosikan kearifan lokal, mengukir prestasi baru bagi Kota Bima, dan mempererat persatuan serta kebhinekaan melalui partisipasi masyarakat dalam perayaan budaya yang meriah.

"Partisipasi masyarakat diharapkan semakin masif dalam kegiatan Pawai Rimpu Mantika. Termasuk, dari segi keamanan dan kebersihan lokasi rute dan tempat kegiatan agar dapat segera dipersiapkan," katanya.

Baca juga: Festival Rimpu Mantika Kota Bima NTB masuk KEN 2024