Pemkot Mataram siapkan 81 ekor hewan kurban saat Idul Adha

id hewan kurban,idul adha,pemkot mataram

Pemkot Mataram siapkan 81 ekor hewan kurban saat Idul Adha

Arsip - Sejumlah hewan kurban yang disiapkan Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada tahun 2023. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan 81 ekor hewan kurban yang akan dipotong pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024.

Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram H Lalu Martawang di Mataram, Jumat mengatakan, sebanyak 81 ekor hewan kurban itu dihimpun dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Mataram.   

"Sebanyak 81 ekor hewan kurban tersebut terdiri atas 17 ekor sapi dan 64 ekor kambing. Jumlah itu termasuk hewan kurban yang ada di Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra)," katanya.

Dia mengatakan, untuk kegiatan pemotongan hewan kurban dipusatkan di Rumah Potong Hewan (RPH) Majeluk. Hal itu dimaksudkan guna menjamin kesehatan dan kualitas daging kurban yang aman, sehat, utuh, dan halal (Asuh) sehingga layak konsumsi.

Baca juga: Distan Mataram bentuk tim kesehatan hewan kurban

Apalagi berbagai peralatan, sarana dan prasarana di RPH lebih lengkap begitu juga dengan para petugas kesehatan dan jagal yang sudah memiliki kompetensi di bidang masing-masing.

"Sementara dagingnya akan dibagi secara teknis oleh Bagian Kesra," katanya.

Dengan demikian, lanjut Martawang, tidak ada lagi pemotongan hewan kurban di halaman kantor wali kota seperti tahun-tahun sebelumnya.

Di sisi lain, lanjutnya, untuk menjamin kesehatan hewan kurban dan daging kurban yang akan dipotong di Kota Mataram, Dinas Pertanian sudah diminta untuk melakukan pengecekan kesehatan terhadap hewan kurban sebelum dipotong.

"Tim kesehatan hewan kurban tidak hanya mengecek hewan kurban di lingkup Pemerintah Kota Mataram tetap juga hewan kurban masyarakat," katanya.

Baca juga: Keswan Mataram temukan kasus penyakit mata hewan kurban

Karena itu, masyarakat yang membutuhkan pengecekan hewan kurban juga bisa menghubungi tim kesehatan di Dinas Pertanian (Distan), dan Distan akan memberikan respon dengan menurunkan petugas.

"Semoga semua hewan kurban yang dipotong di Mataram semua sehat, sehingga tidak ada yang berpotensi menimbulkan penyakit," katanya.

Sementara menyinggung tentang kegiatan Shalat Idul Adha, Martawang mengatakan, Pemerintah Kota Mataram akan melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 Hijrah di parkir timur Lombok Epicentrum Mall pada hari yang ditetapkan pemerintah sesuai sidang isbat.

Kegiatan Shalat Idul Adha dengan Imam Ustaz Ahyar Muksin sedangkan khatib disampaikan Prof Fahrurrozi Dahlan, dan takbiran dilaksanakan oleh Ipqah Kota Mataram.

Kegiatan Shalat Idul Adha di parkir timur Lombok Epicentrum Mall itu akan dihadiri langsung oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana beserta keluarga dan sejumlah jajaran pejabat Pemerintah Kota Mataram.

"Setelah Shalat Idul Adha, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis hewan kurban ke takmir Masjid Taman Indah," katanya.