Kunjungan wisatawan ke Desa Wisata Wae Lolos mencapai 4.623 orang

id Pokdarwis Cunca Plias, Desa Wisata Wae Lolos, Manggarai Barat, tingkat kunjungan, wisatawan, Labuan Bajo, Robert Perkasa

Kunjungan wisatawan ke Desa Wisata Wae Lolos mencapai 4.623 orang

Destinasi Kolam di Atas Awan di Desa Wisata Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. (ANTARA/Gecio Viana)

Labuan Bajo (ANTARA) - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cunca Plias mencatat sejak Januari-Mei 2024 total kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Desa Wisata Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur mencapai 4.623 orang.
 
"Dari hari ke hari semakin ramai pengunjung," kata Ketua Pokdarwis Cunca Plias Robert Perkasa dihubungi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu.
 
Ia merinci dari 4.623 wisatawan itu, sebanyak 3.829 orang merupakan wisatawan lokal atau nusantara dan wisatawan mancanegara sebanyak 794 orang.
 
"Kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara juga mengalami kenaikan," katanya.
 
Lebih lanjut Ia menjelaskan kenaikan jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi wisata yang tidak jauh dari Ibu Kota Manggarai Barat, Labuan Bajo itu seiring promosi yang dilakukan oleh berbagai pihak sehingga destinasi itu semakin diminati wisatawan.
 
Ia menambahkan pada tahun 2023 tercatat pada 24 Juni 2023 hingga 31 Desember 2023 jumlah wisatawan lokal sebanyak 1.700 orang dan wisatawan mancanegara 480 orang.
 
"Kami baru melakukan pencatatan pada pertengahan tahun lalu," jelasnya.
 
Pada Mei 2024 ini Desa wisata Wae Lolos juga masuk 500 besar Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 dari 6.016 peserta yang mendaftar.
 
Menurutnya pencapaian tersebut dinilai sangat yang luar biasa dan menjadi pelecut semangat untuk mengembangkan desa wisata.
 
"Kami sangat bangga, penganugerahan ini menjadi motivasi untuk kami terus bekerja keras, kerja sama dengan para pihak mengembangkan Desa Wisata Wae Lolos yang lebih baik ke depan," katanya.
 
Pihaknya juga berterima kasih kepada semua pihak atas kerja sama dan dukungan untuk pengembangan Desa Wisata Wae Lolos.

Baca juga: Pemkab Bangli terima penghargaan CNN "Desa Wisata Terkemuka 2024"
Baca juga: Dispar Lombok Barat beri pelatihan pengurus BUMDes
 
"Sejauh ini, baik pemerintah kabupaten, pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan tokoh-tokoh adat dan  secara khusus juga kami berterima kasih kepada teman-teman wartawan atas segala dukungannya, kami tidak bisa menggapai anugerah ini kalau tanpa dukungan," katanya.
 
Sebelumnya Desa Wisata Wae Lolos di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menghadirkan sebanyak 7 destinasi wisata alam untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.
 
Sebanyak tujuh spot wisata alam di Desa Wisata Wae Lolos yakni Air Terjun Cunca Plias Satu, Air Terjun Cunca Plias Dua, Air Terjun Tiwu Galong, Kolam di Atas Awan dan Air Terjun Cunca Ri'i.
 
Selain itu masih terdapat spot wisata lain yang belum begitu banyak dikunjungi karena memiliki medan cukup berat dan jalan rusak yakni Gua Langgo, Air Terjun Cunca Liang Langgo, Air Terjun Cunca Wene, Air Terjun Cunca Wongka, Air Terjun Cunca Wae Reha, Air Terjun Cunca Lolos, Bukit Toto Ninu dan sumber air panas Wae Lua.