PKT bersama mitra menyalurkan 1.300 paket sembako di Lombok

id PKT NTB,Paket Sembako,COVID-19

PKT bersama mitra menyalurkan 1.300 paket sembako di Lombok

Direktur CV Bintang Timur, H Burhanuddin, bersama perwakilan dari PKT Kantor Pemasaran NTB, Muhammad Hidayat, menyaksikan penyerahan secara simbolis bantuan paket kebutuhan pokok kepada seorang warga Desa Moyot di Kabupaten Lombok Timur. (ANTARA/Awaludin)

Mataram (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur/PKT (Persero) bersama mitranya menyalurkan sebanyak 1.300 paket bantuan sembilan bahan pokok (sembako) kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19 di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"PKT bekerja sama dengan distributor dan Persatuan Pegolf Senior Indonesia (Perpesi) sudah menyalurkan ribuan paket bantuan sembako tersebut pada Sabtu (9/5)," kata Kepala Kantor Pemasaran Pupuk Kaltim Wilayah NTB, Slamet Mariyono di Mataram, Minggu.

Ia menyebutkan penyaluran paket bantuan kebutuhan pokok tersebut tersebar di Desa Moyot, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, sebanyak 1.000 paket. Bantuan tersebut berasal dari kerja sama PKT dengan CV Bintang Timur yang merupakan salah satu distributor penyaluran pupuk urea.

Bantuan dipusatkan di desa tersebut karena masyarakatnya sangat terdampak setelah menerapkan pembatasan aktivitas sosial  berbasis desa secara mandiri.

"Pembatasan aktivitas sosial secara mandiri tersebut dilakukan karena ada tujuh warga yang dinyatakan positif tertular virus corona," ujar Slamet.

Selain di Kabupaten Lombok Timur, kata dia, penyaluran paket bantuan kebutuhan pokok juga dilakukan di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, dan Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Masing-masing daerah sebanyak 150 paket.

Penyaluran bantuan di dua kabupaten tersebut atas inisiatif dari anggota Perpesi yang menggandeng PKT Kantor Pemasaran NTB.

"Kami berharap dengan paket bantuan kebutuhan pokok yang sudah disalurkan, bisa meringankan beban masyarakat di perdesaan yang terdampak pandemi COVID-19," ucap Slamet.

Sebelumnya, PKT Kantor Wilayah Pemasaran NTB juga sudah menyalurkan bantuan ratusan paket kebutuhan pokok kepada buruh harian dan warga kurang mampu yang terdampak virus corona di Kabupaten Lombok Tengah.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memproduksi pupuk urea tersebut juga sudah menyalurkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebesar Rp25 juta untuk masyarakat Pulau Sumbawa terdampak virus corona.

Penyaluran bantuan dalam bentuk kebutuhan pokok dan penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan bekerja sama dengan anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Pulau Sumbawa, NTB.

Sementara itu, Direktur CV Bintang Timur, H Burhanuddin mengatakan, penyaluran paket bantuan kebutuhan pokok di Desa Moyot, Kabupaten Lombok Timur, sebagai bentuk kepedulian PKT bersama distributor mitranya, kepada masyarakat yang sedang menerapkan pembatasan aktivitas sosial akibat virus corona.

"Ada tujuh yang positif corona di Kecamatan Sakra. Kami prihatin dan peduli atas musibah tersebut. Makanya, kami selaku distributor pupuk urea berkoordinasi dengan PKT untuk membagikan kebutuhan pokok kepada masyarakat yang menerapkan pembatasan aktivitas sosial secara mandiri," katanya.