Desa Tamansari, penerima CSR PLN Peduli yang kini mandiri

id PT PLN,Desa Taman Sari,CSR PLN Peduli

Desa Tamansari, penerima CSR PLN Peduli yang kini mandiri

.

Lombok Barat (ANTARA) - PT PLN (Persero) melalui salah satu unitnya yaitu Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara melakukan survei kembali ke lokasi penerima manfaat program bantuan sarana air bersih di Desa Tamansari, Gunungsari, Lombok Barat.

Dalam kesempatan survei bantuan yang diberikan pada 2019 tersebut, Manager Perizinan dan Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara Prapsakti Wahyudi, didampingi salah satu warga penerima manfaat bernama Rahman.

Bantuan yang awalnya diberikan berupa sumur bor, saluran air, tandon air, dan pompa air dan penerima manfaat kurang lebih 500 kepala keluarga.

"Pada tahun 2019 kita memberikan bantuan itu bertujuan untuk membantu warga yang terdampak bencana gempa bumi" kata Prapsakti

Prapsakti menambahkan bahwa sebelumnya permasalahan air bersih di desa taman sari cukup membuat warga ribut dan PLN yang saat itu juga sedang membuat dapur umum berinisiatif untuk memberikan bantuan sarana air bersih.

Saat ini, bantuan sarana air bersih tersebut berkembang dan dapat dinikmati lebih dari 800 kepala keluarga dan dikelola swadaya oleh masyarakat.

Rahman, salah satu warga di sana juga meceritakan, bahwa saat ini sumur bor yang telah di bangun mengeluarkan air yang cukup deras sehingga memotivasi warga untuk melanjutkan pengembangan sarana air bersih tersebut.

"Alhamdullilah air yang keluar disumur kencang, bahkan lebih baik ketersediaan air bersih dari sebelum saat gempa" ujar Rahman

Prapsakti menyambut baik hasil dari program bantuan sarana air bersih di desa tamansari ini karena telah dikelola mandiri oleh masyarakat.

"Kami bersyukur dengan adanya program tersebut yang dapat dikelola swadaya oleh masyarakat, dan kami (PLN) juga dinilai telah menjalankan tanggung jawab sosial dengan kepedulian tinggi terhadap ekonomi masyarakat, sosial dan lingkungan,” ucapnya.

Prapsakti menjelaskan bahwa PLN kedepanya berkomitmen implementasi CSR memberikan manfaat optimal bagi masyarakat dan lingkungan, dengan terus menyasar program inovatif dalam mendukung strategi bisnis Perusahaan secara berkesinambungan.

"Akan banyak program program kedepanya yang memiliki exit strategy dan menumbuhkan kemandirian di masyarakat," kata Prapsakti.