CASILLAS PAHLAWAN KEMENANGAN DERBY MADRID

id



Madrid (ANTARA/AFP) - Real Madrid melanjutkan dominasi 12 tahun mereka atas tim sekota Atletico Madrid dengan kemenangan tipis 2-1 di Stadion Vicente Calderon pada Sabtu waktu setempat (Minggu dinihari) untuk menipiskan selisih poin mereka dengan pemuncak klasemen Liga Spanyol, Barcelona.

Pemain internasional Prancis Karim Benzema mencetak gol ketujuhnya dalam empat pertandingan terakhir Liga Spanyol untuk membuka keunggulan pada menit ke-11 sebelum pemain internasional Jerman Mesut Ozil kemudian menambah gol hanya beberapa detik setelah pertandingan berjalan setengah jam lebih.

Kemenangan itu adalah yang keempat kalinya diraih Real atas Atletico musim ini, setelah dua kemenangan di Piala Raja Spanyol dan satu kemenangan lainnya di Liga Spanyol.

Pemain Argentina Sergio Aguero berhasil mencetak gol balasan pada menit-menit akhir untuk Atletico di tengah serangan-serangan gencar yang dilancarkan Atletico terhadap gawang Real Madrid yang dikawal Iker Casillas.

Berkat penampilan yang gesit dan cemerlang Iker Casillas yang melakukan serangkaian penyelamatan penting akhirnya Real berhasil memastikan kekalahan berikutnya bagi lawan sekotanya itu, yang tidak pernah lagi mengalahkan Real semenjak 1999.

Kemenangan dalam laga derby tersebut menjadi puncak penampilan mengesankan Real setelah sebelumnya berhasil membungkam Lyon 3-0 pada Rabu untuk mencapai babak perempat final Liga Champion.

Benzema berhasil membuat Real mendapat awal yang baik setelah pada menit ke-11 mencetak gol dengan mengontrol bola operan dari Sami Khedira sebelum meluncurkan bola ke gawang Atletico dengan tendangan dari bagian luar sepatunya.

Gol itu merupakan golnya yang kesepuluh dalam, yang tujuh di antaranya diciptakan dalam empat pertandingan terakhir.

Atletico pada awalnya terlihat bermain canggung tetapi mulai pertengahan babak pertama sampai akhir pertandingan mereka berhasil memperlihatkan kehebatan yang memaksa Casillas harus berjibaku melakukan serangkaian penyelamatan.

Tercatat kiper Real itu berhasil mementahkan serangan Diego Godin dan menyelamatkan dua bola berbahaya dari Aguero pada menit ke 21 dan 23.

Real menambah gol pada menit ke-32 melalui kaki Ozil dengan sebuah sentuhan yang seharusnya bisa diselamatkan oleh kiper Atletico David de Gea.

Ozil sepertinya menikmati penampilannya melawan Atletico sebab tiga dari empat pertemuan Real dengan Atletico pada musim ini dia selalu berhasil mencetak gol.

Meskipun ketinggalan 2-0 tetapi pemain Atletico tidak menyerah dan terbukti mampu merepotkan Real pada babak kedua.

Hanya permainan cemerlang Casillas yang berhasil menahan bola-bola untuk tidak meluncur ke dalam gawangnya, salah satunya dari Aguero pada menit ke-54 yang untuk ketiga kalinya mengancam gawang kiper nasional Spanyol itu.

Aguero yang lolos perangkap offside meluncur deras ke arah gawang Real dan melepaskan tendangan mendatar yang mendebarkan, namun kapten tim juara dunia itu berhasil membloknya dengan melebarkan jangkauan tangannya.

Cristiano Ronaldo kemudian diganti pada menit ke 72 diiring suara-suara mengejek dari fans Atletico yang kemudian dibalas oleh penyerang berkebangsaan Portugis itu dengan melebarkan telinga dengan tangannya ke arah suporter tuan rumah seolah-olah tidak mendengarnya.

Akhirnya Aguero berhasil mencetak gol pada menit ke-86 dengan sebuah tendangan melengkung yang mendarat di sudut gawang Casillas.

Menit-menit akhir setelah gol itu menjadi saat-saat paling menegangkan bagi suporter Real Madrid karena Atletico terus membombardir tak kenal lelah, hanya peluit panjang wasit yang kemudian menyelamatkan Real dari ancaman itu. (*)