65 SISWA BERPRESTASI DI MATARAM PEROLEH PENGHARGAAN

id



          Mataram, 7/7 (ANTARA) - Sebanyak 65 siswa berprestasi di Kota Mataram, memperoleh penghargaan dari pemerintah karena masuk dalam sepuluh besar peraih nilai tertinggi Ujian Nasional pada 2011, di Nusa Tenggara Barat.

         Pemberian penghargaan berupa piagam dan hadiah kepada 65 siswa berprestasi tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK dilakukan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram H. Ruslan Effendi, di Mataram, Kamis.

         Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram, H. Ruslan Effendy, mengatakan, Pemerintah Kota Mataram (Pemkot) baru pertama kali memberikan hadiah berupa uang pembinaan kepada siswa/siswi berprestasi, di samping piagam penghargaan.

         "Ini juga sebagai bukti upaya serius Pemkot Mataram dalam meningkatan kualitas pendidikan di Kota Mataram," ujarnya.

         Prestasi yang dicapai oleh para siswa di Kota Mataram, kata dia, tidak hanya itu saja. Dari 10 besar siswa berprestasi tingkat  SD/MI se-NTB, tujuh diantaranya dari Kota Mataram.

         Ruslan menambahkan, SD/MI di Kota Mataram juga mendominasi peringkat 1-9 dalam perolehan nilai kelulusan Ujian Nasional tertinggi di Provinsi NTB.

         Untuk tingkat SMP, sebanyak tujuh dari dari 10 besar siswa berprestasi di NTB juga berasal dari Kota Mataram.

         "Tujuh SMP/MTs di Kota Mataram juga masuk dalam 10 besar SMP/MTs terbaik di Provinsi NTB," ujarnya.

         Untuk tingkat SMA/MA/SMK, kata dia, klasifikasi yang digunakan berdasarkan empat jurusan, yang berarti ada 40 siswa terbaik di tingkat Provinsi NTB.

         Untuk jurusan IPA, Kota Mataram meraih enam nominasi sebagai sekolah terbaik, jurusan IPS lima nominasi, jurusan Bahasa enam nominasi, dan SMK empat nominasi.

         "Bahkan, SMK Negeri 8 Mataram yang merupakan sekolah baru meraih juara satu terbaik nasional, begitu juga SMK Negeri 3 Mataram masuk nominasi terbaik tingkat nasional," katanya. (*)