KPU buka pendaftaran anggota PPS Pilkada Lombok Tengah 2024

id PPS,KPU Lombok Tengah ,NTB,pilkada 2024,pilkda lombok tengah

KPU buka pendaftaran anggota PPS Pilkada Lombok Tengah 2024

Kantor KPU Lombok Tengah, Provinsi NTB (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai membuka pendaftaran anggota panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pilkada yang berlangsung 27 November 2024.

"Pendaftaran anggota PPS untuk pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur NTB maupun bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah dilakukan sepekan hingga 8 Mei 2024," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Lombok Tengah,  Aziz Muslim di Praya, Minggu.

Ia mengatakan, rekrutmen PPS ini dilakukan secara terbuka dan semua warga bisa mendaftarkan diri sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan. Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang berminat silahkan daftar, karena ini terbuka untuk luas untuk masyarakat.

"Kami pastikan bahwa rekrutmen PPS ini akan kita lakukan secara profesional,” katanya.

Untuk perpanjangan pendaftaran calon anggota PPS dilakukan 9-11 Mei, baru pada 3-12 Mei dilakukan penelitian administrasi calon anggota PPS dan 13-14 Mei pengumuman hasil penelitian administrasi calon anggota PPS.

"Pada  15-18 Mei dilakukan seleksi tertulis calon anggota PPS,” katanya.

Kemudian pada 19-20 Mei pengumuman hasil tes tertulis calon anggota PPS dan 13-20 Mei ada tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon anggota PPS.  Sedangkan pada 21-23 Mei dilakukan wawancara calon anggota PPS dan  24-25 Mei ada pengumuman hasil seleksi calon anggota PPS.

“Jadi selama proses ini juga kami membuka kaitan dengan tanggapan dan masukan dari masyarakat. Hal ini sebagai wujud keseriusan kami dalam memilih PPS secara profesional," katanya.

Hal itu juga dilaksanakan berbagai kajian sebelum memutuskan calon anggota PPS hingga akhirnya pada 25 Mei dilakukan penetapan calon anggota PPS.

"Tanggal 26 Mei kita melakukan pelantikan," katanya.