Akibat Gempa, BNPB minta Pemprov Sulbar percepat pendataan rumah rusak

id Gempa Mamuju

Akibat Gempa, BNPB minta Pemprov Sulbar percepat pendataan rumah rusak

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, memberikan bantuan logistik kepada pengunsi gempa di kompleks stadion Manakarra Kota Mamuju, Kamis (09/6/2022). ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

Mamuju (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) mempercepat pendataan rumah warga yang rusak akibat gempa berkekuatan 5,8 magnitudo di daerah itu agar dapat segera menerima bantuan, kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, dalam menyikapi bencana gempa di Sulbar,  telah dilakukan tanggap darurat dan salah satu fungsinya, mendata rumah rusak akibat gempa agar dapat ditangani dan diberikan bantuan. Menurut dia, pada gempa 6,2 magnitudo 15 Januari 2021, masih terdapat 16 ribu rumah warga yang rusak dan akan diberikan bantuan tahap II di Kabupaten Mamuju dan Majene.

Baca juga: GPDRR chance for sharing disaster mitigation experiences

Ia menyampaikan BNPB pusat telah menyalurkan bantuan logistik dan makanan siap saji serta kebutuhan warga di pengungsian lainnya, untuk para pengungsi gempa 5,8 magnitudo ini. Berharap warga yang rumahnya tidak rusak dapat kembali dan mendirikan tenda darurat di rumah masing-masing.