ICAEW perkirakan ekonomi Indonesia tumbuh 5,7 persen

id ICAEW,pertumbuhan ekonomi,pemulihan ekonomi,COVID-19,PPKM

ICAEW perkirakan ekonomi Indonesia tumbuh 5,7 persen

Suasana gedung perkantoran di Jakarta.Dok. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU

Jakarta (ANTARA) - The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,7 persen year on year di 2022 atau lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan pada 2021 yang sebesar 3,7 persen year on year.

Managing Director Internasional ICAEW Mark Billington menyebutkan bahwa pertumbuhan ini selaras dengan angka perkiraan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) negara-negara di wilayah Asia Tenggara.

“Peningkatan ini menunjukkan kemampuan perekonomian Indonesia untuk kembali bangkit pascapandemi, dimana kini telah bertransisi menuju masa endemi,” kata Mark dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pertumbuhan yang perlahan membaik ini didukung oleh sektor ritel dan layanan akomodasi di Indonesia yang telah mencapai titik puncak pemulihan pada Mei 2022 dengan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca juga: Airlangga dorong G20 kerja sama seimbangkan kepentingan anggotanya
Baca juga: Indonesia mengajak negara-negara ekonomi besar atasi krisis global

Pemulihan perekonomian Indonesia pada sektor ritel dan layanan akomodasi juga dinilai cukup dinamis sejak memasuki kuartal IV 2021 hingga saat ini.