BARCELONA PESTA GOL KE GAWANG BAYERN MUNCHEN

id

     Barcelona (ANTARA News/AFP) - Kejutan besar terjadi ketika tuan rumah Barcelona berpesta gol dengan menghancurkan Bayern Munich 4-0 pada pertandingan pertama babak perempat-final kompetisi sepakbola Liga Champions Eropa di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis.
     Dengan hasil tersebut, Bayern hampir dipastikan tersingkir karena pada pertandingan berikutnya di hadapan pendukung sendiri, wakil Jerman itu minimal harus menang dengan skor 5-0.
     Keempat gol Barcelona tersebut terjadi pada babak pertama dan pemain asal Argentina Lionel Messi mencetak dua gol. Dua gol lainnya disumbangkan oleh Samuel Eto`o dan Thierry Henry.
     Messi mengawali pesta gol Barcelona ketika pertandingan baru berlangsung sembilan menit dan mencetak gol kedua pada menit ke-38. Dua gol yang tercipta hanya dalam waktu 12 menit itu menempatkan Messi sebagai pencetak gol terbanyak dengan delapan gol.
     The Camp Nou memang bukan tempat yang disukai Bayern dan bahkan menyimpan mimpi buruk.
     Di stadion inilah mimpi buruk itu terjadi ketika Manchester United memupus harapan mereka untuk tampil sebagai juara ketika ditaklukkan secara dramatis oleh Manchester United 1-2 gara-gara dua gol yang terjadi pada menit-menit terakhir.
     Kemenangan telak tersebut membuat Barcelona hampir pasti melenggang dengan mudah ke semifinal karena hanya keajaiban yang bisa menolong Bayern pada pertemuan kedua di Munich pada 15 April mendatang.
     Hanya Deportivo La Coruna yang bisa membalikkan keadaan seperti yang terjadi pada perempat-final Liga Champions 2004.
     Ketika itu, La Coruna yang pada pertemuan pertama kalah telak 1-4, secara dramatis berhasil bangkit untuk mengalahkan AC Milan dengan skor 4-0.
     "Kami berhasil melakukan apa yang kami inginkan pada babak pertama dan Bayern punya kemampuan untuk melakukan hal yang sama, jadi kami harus berhati-hati," kata Henry usai pertandingan.
     "Namun tentu lebih lebih baik jika kami ke Munich dengan modal tidak kebobolan dan berharap kerja keras kami tidak sia-sia," katanya.
     Pelatih Bayern Jurgen Klinsmann secara sportif mengakui bahwa Barcelona tampil lebih baik.
     "Ini jelas sebuah hasil yang sangat mengecewakan. Barca bermain bagus sekali dan saya harus memberikan selamat kepada mereka. Messi benar-benar pemain yang hebat," puji Klinsmann.
     "Sulit untuk mencari pengganti Lamn, Lucio (Miroslav) Klose dan (Daniel) van Buyten yang cedera. Dua gol pertama benar-benar membuat kami terpukul," katanya.
     Presiden Bayern, Franz Beckenbauer pun kemudian meradang melihat hasil buruk klubnya itu.
     "Apa yang saya saksikan pada babak pertama adalah sebuah permainan terburuk dalam sejarah Bayern. Ini sungguh memalukan. Barcelona telah memberikan pelajaran kepada kami," katanya.
     Pada pertandingan itu, Klinsmann tidak menurunkan kiper utama Michael Rensin dan menggantikannya dengan Hans-Jorg Butt yang pernah mengantar Bayer Leverkusen ke final Liga Champions 2002.
     Pemain tim nasional Jerman Philipp Lahm terpaksa absen pada pertandingan itu karena cedera lutut.

     Berikut hasil pertandingan kedua babak perempat-final kompetisi sepakbola Liga Champions Eropa, Kamis dinihari WIB:

Di Barcelona:

Barcelona (Spanyol) 4 (Messi 9, 38, Eto`o 12, Henry 43) - Bayern Munich (Jerman) 0

Di Liverpool:

Liverpool (Inggris) 1 (Torres 6) - Chelsea (Inggris) 3 (Ivanovic 39, 62, Drogba 67)


Hasil pertandingan pertama, Rabu:

Di Manchester:

Manchester United (Inggris) 2 (Rooney 15, Tevez 85) - FC Porto (Portugal) 2 (Rodriguez 4, Mariano 89)

Di Villarreal:

Villarreal (Spanyol) 1 (Senna 10) - Arsenal (Inggris) 1 (Adebayor 65)

Jadwal pertandingan kedua:

14 April:

Di Munich: Bayern Munich v Barcelona
Di London: Chelsea v Liverpool

15 April:

Di Oporto: FC Porto v Manchester United
Di London: Arsenal v Villarreal

(*)